Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Sri Ika Faika

Abstract


Pembelajaran berdiferensiasi adalah metode yang dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan belajar unik siswa dengan cara yang lebih fleksibel dan responsif terhadap perbedaan gaya belajar, kemampuan, dan minat siswa. Diharapkan bahwa penerapan metode ini akan meningkatkan hasil belajar siswa, terutama di kelas yang heterogen. Pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa adalah tujuan dari penelitian ini. Studi ini melakukan eksperimen kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest kontrol grup. Dua kelompok subjek penelitian adalah kelompok eksperimen yang menggunakan pembelajaran berdiferensiasi dan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui angket persepsi siswa dan tes hasil belajar. Uji t-Independent digunakan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Kelompok eksperimen memperoleh skor posttest rata-rata 17,2 poin, sedangkan kelompok kontrol memperoleh skor hanya 6,5 poin, dengan nilai t sebesar 6,71 (p < 0,05). Berdasarkan temuan ini, pembelajaran berdiferensiasi terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Ini juga menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dapat digunakan sebagai alternatif yang lebih relevan dan inklusif.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v12i1.34471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.