PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE SQ3R

Riseu Luginawati, Syadeli Hanafi, Luluk Asmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan  pembelajaran IPA dengan metode SQ3R (2) mengetahui hasil belajar peserta didik (3) efektifitas pengembangan pembelajaran (4)  mengetahui sintaks pengembangan pembelajaran IPA yang diterapkan pada siswa kelas IX MTs Al-Khairiyah Citangkil. Penelitian ini adalah  penelitian pengembangan  model 4D . Pengembangan pembelajaran IPA berdasarkan  penelitian awal adalah menghasilkan  RPP dan LKS bagi siswa kelas IX yang berisi materi Bioteknologi Modern tanaman Hidroponik. RPP dan LKS  dalam penelitian pengembangan ini melalui  uji ahli materi dan  ahli media. Penentuan Siswa kelas IX  yang dinilai aktifitas pembelajarannya   terdiri dari 20 orang . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan validasi ahli dan observasi. Observasi  ini digunakan untuk menilai aktivitas siswa pada saat pembelajaran yang dikembangkan. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa  pada uji coba lapangan pengembangan pembelajaran dengan metode SQ3R hasil  refleksi pembelajaran  siap digunakan, hasil belajar pada uji coba mengalami peningkatan dari 76 pre test menjadi 81 dengan indeks gain dari 0,39 kriteri sedang menjadi 1,78  katagori tinggi sehingga pembelajaran efektif telah terjadi peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar didukung dengan kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan pada uji coba dari siwa yang cukup kritis 60% menjadi siswa dengan kemampuan kritis  sebesar 55% sehingga dikatagorikn siswa memiliki kemampuan berpikir kritis siswa kuat dengan sintaks pembelajaran scientific yang telah dirancang.Dengan demikian pengembangan pembelajaran IPA yang dilakukan baik dilakukan karena memberikan pemahaman pada siswa kelas IX mengenai materi yang yang diberikan.

Kata kunci : Keterampilan Science, Metode SQ3R, Hasil Belajar, Berpikir Kritis.


Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. , 2015. Cooperative Learning,Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Aris Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta : Ar-ruzz Media.

Daryanto, 2013, Strategi Dan Dan Tahapan Mengajar, Bandung: Yrama Widya,

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan pengembangan bahan ajar. Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta: i + 29 hlm

Dimyati,dkk. 2009. Belajar dan Pembelajaran. . Jakarta. Rineka Cipta hal 1-297

Ennis, R. H. 1993. Critical Thinking Assessment. College of education,the Ohio State University, 32 (3): 179-186.

Fisher.2009. Berpikir Kritis Sebuah Penghantar. Erlangga.Jakarta

Kuswana danWowo Sunaryo, 2012. Taksonomi Kognitif. Bandung. Remaja Rosdakarya

Lorin, W.dkk. 2014. Pembejaran Pengajaran dan Assesmen. 2014. Yogyakarta.Press

Miarso, Yusufhadi. 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta Kencana

Sanjaya Wina , 2006, Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media, hal. 147

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta, Bandung: ix + 458 hlm

Suharsimi Arikunto . 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta,Jakarta: x + 344 hlm.

Triatno, 2009. Mendesaind Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, Implementasi,Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana

Uno, H. B., dan N. Lamatenggo. 2011. Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara

Irawan VT, Sutadji E, Widiyanti E. Blended learning based on schoology : Effort of improvement learning outcome and practicum chance in vocational high school. Cogent Educ. 2017;11(1):1-10. doi:10.1080/2331186X.2017.1282031.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.