PENGARUH PENGGUNAANNYA MEDIA AUDIO VISUAL INTERAKTIF DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Agus Hidyatullah, Suparno Suparno, Maman Fathurrohman

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh interaksi antara pembelajaran dengan menggunakan (Media audio visual interaktif dan konvensional menggunakan LKS) dan motivasi belajar prakarya terhadap hasil belajar prakarya siswa kelas  XI di MA Syekh Manshur. Metode penelitian ini kuantitatif yaitu penelitian eksperimen dengan desain faktorial, dengan satu variabel bebas yang terdiri atas dua dimensi, satu variabel moderator yang terdiri atas dua dimensi, dan satu variabel terikat. Terdapat Pengaruh langsung antara penggunaan Media audio visual interaktif dan motivasi belajar. Penggunaan Media audio visual interaktif memberikan nilai F hitung 5,982 dan signifikan pada 0,04 hal ini berarti terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar. Motivasi memberikan nilai F hitung sebesar 12,634 dan signifikan pada 0,013. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasi belajar yang diperoleh siswa kelas eksperime dan kontrol. Hasil interaksi Media audio visual interaktif dan motivasi belajar memberikan nilai F hitung sebesar 25,382 dan signifikan pada 0,05. Hal ini berarti terdapat pengaruh bersama atau joint effect antara Media audio visual interaktif dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran dengan menggunakan (Media audio visual interaktif dan konvensional menggunakan LKS) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar.

Kata kunci : Media Audio Visual, Motivasi Belajar, Hasil Belajar


Full Text:

PDF PDF

References


Agus, Suprijono . 2010 . Pembelajaran kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmad Rohadi, 2004. Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta

AM , Sardiman . 2007 .Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Andi Prastowo, 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif , Yoyakarta: Diva Press

Angkowo R. dan A. Kosasih . 2007 . Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo.

Anitah , Sri. 2008. Media Pembelajaran. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru. Rayon 13 Surakarta.

Arief S. Sadiman, dkk. (2012). Media pendidikan: pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi, 2012, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta

Asiwi Tejawati. 2008 “Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Interaktif Terhadap Pembelajaran Geografi Fisik Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa (Studi Eksperimen pada SMA Negeri Jumantono Kabupaten Karanganyar Kelas X Tahun Pelajaran 2007/2008)

Azhar Arsyad. 2009, Media Pembelajaran. Jakarta. RajaGrafindo Persada

Basyiruddin, 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Delia Citra Utama

Brophy, J., 2014, Motivating Students to Learning, Lawrence Erlbaum Associates, New Jersey.

Daryanto, 2013. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran,Yogyakarta : Gava Media

Dharma, Surya. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya, Jakarta : Direktorat Tenaga Kependidikan Ditjen PMPTK Departemen Pendidikan Nasional

Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka. Cipta

Hamzah B . Uno 2011. Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: BumiAksara

Jurnal:

Martinis Yamin, 2006. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi, Jakarta: Gedung Persada Pers

Muhamad Anis. 2014 “Pengaruh Penggunaan Media Bervariasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi IPS SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017”.

Mulyasa. E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya

Munir, 2010. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung : Alfabeta

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, 2003. Teknologi Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algesindo

Nana Sudjana, 2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Oemar Hamalik, 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Parman, Yundi Fitrah, Emosda. 2013 “ Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Dan Motivasi Terhadap Hasil Praktik Ibadah Siswa di SMP.

Purnamawati dan Eldarni. 2001. Media Pembelajaran. Jakarta: CV. Rajawali.

Romi Satria Wahono. 2005. Pengantar e-Learning dan Pengembangannya: IlmuKomputer.Com

Samino dan Saring Marsudi. 2012. Layanan Bimbingan Belajar. Solo: Fairus media

Sanjaya, Wina, 2007. Strategi pembelajaran, Jakarta; Kencana

Sardiman, A.M., 2007, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, S. 2004. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Suryabrata, Sumadi, 2011, Metodelogi Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Wina Sanjaya, 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Media

Winkel . 2005. Psikologi Pengajaran, Jakarta: Gramedia Pustaka Tama

Yusuf Syamsu, 2009. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung; Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v6i2.7425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.