PENGARUH PENGGUNAANNYA MEDIA AUDIO VISUAL INTERAKTIF DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh interaksi antara pembelajaran dengan menggunakan (Media audio visual interaktif dan konvensional menggunakan LKS) dan motivasi belajar prakarya terhadap hasil belajar prakarya siswa kelas XI di MA Syekh Manshur. Metode penelitian ini kuantitatif yaitu penelitian eksperimen dengan desain faktorial, dengan satu variabel bebas yang terdiri atas dua dimensi, satu variabel moderator yang terdiri atas dua dimensi, dan satu variabel terikat. Terdapat Pengaruh langsung antara penggunaan Media audio visual interaktif dan motivasi belajar. Penggunaan Media audio visual interaktif memberikan nilai F hitung 5,982 dan signifikan pada 0,04 hal ini berarti terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar. Motivasi memberikan nilai F hitung sebesar 12,634 dan signifikan pada 0,013. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasi belajar yang diperoleh siswa kelas eksperime dan kontrol. Hasil interaksi Media audio visual interaktif dan motivasi belajar memberikan nilai F hitung sebesar 25,382 dan signifikan pada 0,05. Hal ini berarti terdapat pengaruh bersama atau joint effect antara Media audio visual interaktif dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran dengan menggunakan (Media audio visual interaktif dan konvensional menggunakan LKS) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar.
Kata kunci : Media Audio Visual, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
References
Agus, Suprijono . 2010 . Pembelajaran kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ahmad Rohadi, 2004. Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta
AM , Sardiman . 2007 .Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Andi Prastowo, 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif , Yoyakarta: Diva Press
Angkowo R. dan A. Kosasih . 2007 . Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo.
Anitah , Sri. 2008. Media Pembelajaran. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru. Rayon 13 Surakarta.
Arief S. Sadiman, dkk. (2012). Media pendidikan: pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi, 2012, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta
Asiwi Tejawati. 2008 “Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Interaktif Terhadap Pembelajaran Geografi Fisik Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa (Studi Eksperimen pada SMA Negeri Jumantono Kabupaten Karanganyar Kelas X Tahun Pelajaran 2007/2008)
Azhar Arsyad. 2009, Media Pembelajaran. Jakarta. RajaGrafindo Persada
Basyiruddin, 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Delia Citra Utama
Brophy, J., 2014, Motivating Students to Learning, Lawrence Erlbaum Associates, New Jersey.
Daryanto, 2013. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran,Yogyakarta : Gava Media
Dharma, Surya. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya, Jakarta : Direktorat Tenaga Kependidikan Ditjen PMPTK Departemen Pendidikan Nasional
Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka. Cipta
Hamzah B . Uno 2011. Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: BumiAksara
Jurnal:
Martinis Yamin, 2006. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi, Jakarta: Gedung Persada Pers
Muhamad Anis. 2014 “Pengaruh Penggunaan Media Bervariasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi IPS SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017”.
Mulyasa. E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya
Munir, 2010. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung : Alfabeta
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, 2003. Teknologi Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algesindo
Nana Sudjana, 2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Oemar Hamalik, 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.
Parman, Yundi Fitrah, Emosda. 2013 “ Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Dan Motivasi Terhadap Hasil Praktik Ibadah Siswa di SMP.
Purnamawati dan Eldarni. 2001. Media Pembelajaran. Jakarta: CV. Rajawali.
Romi Satria Wahono. 2005. Pengantar e-Learning dan Pengembangannya: IlmuKomputer.Com
Samino dan Saring Marsudi. 2012. Layanan Bimbingan Belajar. Solo: Fairus media
Sanjaya, Wina, 2007. Strategi pembelajaran, Jakarta; Kencana
Sardiman, A.M., 2007, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, S. 2004. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Suryabrata, Sumadi, 2011, Metodelogi Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Wina Sanjaya, 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Media
Winkel . 2005. Psikologi Pengajaran, Jakarta: Gramedia Pustaka Tama
Yusuf Syamsu, 2009. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung; Remaja Rosdakarya
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v6i2.7425
Refbacks
- There are currently no refbacks.