PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI MEDIA BUKU CERITA ANAK BERBASIS KEARIFAN LOKAL BANTEN PADA ANAK USIA DINI

Astuti Ambarwati, Luluk Asmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu peningkatan kemampuan literasi dan penguasaan kosakata pada anak usia 5-6 tahun melalui media buku cerita kearifan lokal Banten. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai Desember 2017 yang terdiri dari tiga siklus yaitu siklus I,II dan III yang masing-masing diadakan dua kali pertemuan. Sebelum melakukan tindakan dilakukan observasi, hasil yang diperoleh menunjukkan anak belum diberikan upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi dan penguasaan kosakata melalui media buku cerita kearifan lokal Banten, oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan hasil observasi dan dokumentasi berupa foto-foto. Hasil pengamatan awal sebelum dilakukan tindakan prosentase skor yang diperoleh anak sangat kurang dengan data sebagai berikut : pada pra siklus kemampuan literasi dan penguasaan kosakata anak hanya mencapai 32%. Setelah menemukan masalah kesulitan yang dialami anak dalam kemampuan literasi dan penguasaan kosakatanya, kemudian melakukan tindakan yang telah direncanakan, melakukan pengamatan dan refleksi dengan kolaborator. Pada siklus I mencapai 47%, siklus II rata-rata mencapai 55% dan siklus III mencapai 86%. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa terjadi peningkatan prosentase kemampuan literasi dan penguasaan kosakata anak. Dengan demikian penelitian ini berhasil. Kesimpuln bahwa melalui  media buku cerita kearifan lokal Banten yang menarik, dapat membantu kesulitan-kesulitan dalam hal peningkatan kemampuan literasi dan penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 3 Kota Serang.

 

Kata Kunci : buku cerita kearifan lokal Banten, literasi, kosakata.


Full Text:

PDF

References


Abidin.Y, 2015.Pembelajaran Multiliterasi, Bandung: Rifika Aditama.

Abiding.Y , 2017. PembelajaranLiterasi, Jakarta, BumiAksara

Arikunto, Suharsimi, 2010. PenelitianTindakan Kelas, Jakarta: Alfabeta.

Djoko Marihandono, Harto Juwono, 2014. Sumber Potensi Heroisme Di Nusantara, Banten: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten.

IlyasAsneli, 1997, Mendambakan Anak Sholeh, Bandung: Al Bayan.

Justice L., M., dan Kaderavek, J. 2002. Using Shared Storybook Reading to Promote Emergent Literacy Teaching Exceptional Children, Vol 34 No. 4.

Juliadi, Nely Wachyudin, 2014. Topomi/Sejarah. Nama-nama Tempat Berdasarkan Cerita Rakyat. Banten: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten.

Lesley Mendel Morrow, 1993. Literacy Development in the Early Years, Second Edition. USA: Allyn and Bacon.

Majid A. A, 2001. Mendidik Dengan Cerita. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mary RenckJalongo, 2007. Early Childhood Language Arts. USA: Pearson Education,Inc.

Moeslichatoen, R, 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak, Jakarta: Rineke Cipta.

Oxford University Press, 2005. Oxford Learnes Pocked Dictionary. Cina: Oxford University Press.

Tihami M A, Mufti Ali, 2014. Prosopografi Sheikh Nawawi (1813-1897) Biografi, Genealogi Intelektual, dan Karya.Banten: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten.

Wardhani, IGAK, Wihadit Kuswaya, 2008. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: UT.

Wibawa Basuki, 2003. Penelitian Tindakan Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.