PENERAPAN PEMBELAJARAN TERPADU CONNECTED UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD

Buang Buang, Sholeh Hidayat, Suparno Suparno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) cara mendesain pembelajaran terpadu connected untuk peningkatankreativitas dan hasil belajar IPA, (2) cara menerapkan pembelajaran terpadu connected  untuk peningkatan kreativitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V, (3) cara mengevaluasi pembelajaran terpadu connecteddi kelas V, (4) peningkatan kreativitas  setelah diterapkannya pembelajaran terpadu  connected, (5)Peningkatan  hasil belajar IPA setelah diterapkannya pembelajaran terpadu  connected kelas V SDN Kedaleman I Kota Cilegon. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan menggunakan pembelajaran terpadu connected, bertempat di SDN Kedaleman I Kota Cilegon. Penelitian dilaksanakan pada bulan November sampai bulan Desember 2017. Subyek penelitian terdiri dari peneliti dan penerapan pembelajaran tematik connected untuk meningkatkan hasil belajar IPA dan kreativitas siswa sebagai tolak ukur keberhasilan penelitian tindakan kelas, sementara obyeknya adalah siswa kelas V SDN Kedaleman I Kota Cilegon berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran terpadu connected dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA tema sehat itu penting  siswa kelas V SDN Kedaleman I Kota Cilegon.

 

Kata kunci : model connected, hasil belajar IPA, kreativitas.


Full Text:

PDF

References


Abdullah Sani, R. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013.Jakarta: Bumi Aksara.

Badar.TI. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar.Jakarta : Bumi Aksara

Badar.TI. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Indrawati.(2010). Model Pembelajaran Terpadu di Skolah Dasar.Jakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA).

Jufri, W. 2017.Belajar dan Pembelajaran Sains.Bandung : Pustaka Reka Cipta.

Priansa, D. 2017. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran.Bandung : Pustaka Setia.

Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Toeri, Praktik, dan Penilaian. Bandung: Alfabeta.

Munandar, Utami. 2014 .Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat .cetakan ketiga . Jakarta . Rineka Cipta

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Susanto, A. 2016.Teori Belajar dan Pembelajaran.Jakarta : Prenadamedia Group




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v5i1.7470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.