PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA SEKOLAH DASAR

Sumamah Sumamah, Sholeh Hidayat, Suparno Suparno

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk: (1) meningkatkan hasil pembelajaran tematik; (2) meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada tema makanan sehat materi organ pencernaan hewan dan manusia; (3) adanya respon siswa yang positif dalam pembelajaran setelah menggunakan pendekatan saintifik . Subyek penelitian terdiri dari peneliti dan penerapan pendekatan saintifik dalam upaya untuk meningkatkan hasil pembelajaran tematik dan keterampilan berpikir kritis siswa sebagai tolak ukur keberhasilan penelitian tindakan kelas, sementara obyeknya adalah siswa kelas V A SDN Blok I Kota Cilegon berjumlah 36 siswa. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik tema makanan sehat kelas V SDN Blok I Kota Cilegon sudah melampaui KKM 75; (2) Pendekatan saintifik dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada tema makanan sehat kelas V SDN Blok I Kota Cilegon dengan kategori baik; (3) Adanya respon siswa yang baik setelah  menggunakan pendekatan saintifik dibandingkan sebelum menggunakan pendekatan saintifik pada tema makanan sehat kelas V SDN Blok I Kota Cilegon.

 

Kata kunci : pendekatan saintifik, tematik, keterampilan berpikir kritis.


Full Text:

PDF

References


Anitah, Sri. W. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.

Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta : Erlangga.

Hamalik, O. 2010.Proses Belajar Mengajar.Jakarta : Bumi Aksara

Johnson, E. 2014.CTL (Contextual Teaching & Learning).Bandung : Kaifa.

Kemendikbud.2016. Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian di Sekolah Dasar.Jakarta :DirjenPendas.

Kurniawan. D. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian).Bandung : Alfabeta.

Majid, A. 2014.Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sihotang, K. dkk. 2012. Critical Thinking Membangun Pemikiran Logis. Jakarta :Pustaka Sinar Harapan.

Sudjana, 2009.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar .Bandung: Remaja Rosdakarya

Susanto, A. 2016.Teori Belajar dan Pembelajaran.Jakarta : Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v5i1.7471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.