IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DAN PENDIDIKAN KARAKTER DITINJAU DARI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Erniyanti Erniyanti, Suherman Suherman, Aan Hendrayana

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SDN Bumi Waras yang bertujuan untuk: 1) memperoleh informasi yang jelas, mendalam, dan komprehensif tentang penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN Bumiwaras Kota Cilegon, 2) memperoleh informasi yang jelas, mendalam, dan komprehensif tentang penerapan Pendidikan Karakter di SDN Bumiwaras Kota Cilegon, 3) memperoleh informasi yang jelas, mendalam, dan komprehensif tentang sarana dan prasarana pendukung penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan Pendidikan Karakter di SDN Bumiwaras Kota Cilegon. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.Data dianalisis melalui reduksi, display data, dan penarikan kesimpulan.Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SDN Bumiwaras dilakukan melalui integrasi dalam proses pembelajaran, seperti kegiatan membaca nyaring atau membaca dalam hati, menempatkan ruang kelas sebagai ruang literasi dengan menempel gambar pahlawan, slogan-slogan, dan sebagainya (2) implementasi Pendidikan Karakter di SDN Bumiwaras dilakukan melalui integrasi dalam proses pembelajaran, pengembangan budaya sekolah, seperti kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, pengondisian dan kegiatan ekstrakurikuler seperti BTA danĀ  pramuka, (3) sarana dan prasarana pendukung kegiatan Gerakan literasi Sekolah dan Pendidikan Karakter sudah ada meskipun masih perlu ditingkatkan lagi untuk memaksimalkan Gerakan Literasi Sekolah dan Pendidikan Karakterdi SDN Bumiwaras Kecamatan Pulomerak Kota Cilegon.

Kata kunci : gerakan literasi sekolah, pendidikan karakter


Full Text:

PDF

References


Pangesti Wiedarti dan Kisyani-Laksono, Eds 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kesuma, D. dkk. 2013. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktek di Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muslich, M. 2013. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional , cetakan ketiga. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Purwo, S. 2017. Peran Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembelajaran Kreatif-Produktif di SD. http:/journal .stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/kid/article.

Samani, D. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.