PENINGKATAN KUALITAS LULUSAN MAGISTER TEKNOLOGI PEMBELAJARAN RELEVANSI DALAM DUNIA KERJA MELALUI TRACER STUDY ANGKATAN 2012.1 SAMPAI DENGAN ANGKATAN 2016.2
Abstract
Tujuan jangka panjang meliputi: (1) untuk mendapatkan pengakuan kualitas pembelajaran di masyarakat, (2) untuk memacu program studi agar senantiasa mempertahankan dan terus meningkatkan kualitas pengelolaan program studi, (3) untuk mempermudah mendapatkan bantuan penelitian, grant, atau bentuk lain dari pemerintah atau swasta. Target khusus yaitu: (1) meningkatkan kualitas akademik, (2) menunjukkan akuntabilitas, (3) mendorong perubahan yang diperlukan untuk perbaikan, (4) terus-menerus melakukan penilaian dalam praktik pembelajaran untuk memperoleh akreditasi yang terbaik. Metode penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengambil sampel dengan snowball sampling. Pengambilan data dengan teknik kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif statistik dengan menggunakan tabulasi dan visualisasi dalam bentuk gambar dan grafik. Temuan hasil penelitian meliputi: (1) program studi mampu mengetahui lokasi bekerja alumni segabai guru PNS, pengelola sekolah atau yayasan, pegawai pemerintahan, dan pegawai swasta, (2) pengguna lulusan berdasarkan hasil kuesioner menyatakan mayoritas puas dengan kinerja lulusan Magister Teknologi Pembelajaran, (3) berdasarkan saran dan masukan program studi harus menambah materi pembelajaran TIK/ICT dan program magang di lembaga diklat. Kesimpulan hasil tracer study dan stake holder memberikan data untuk program studi Teknologi Pembelajaran untuk menyempurnakan isi materi perkuuliahan yang telah ada.
Kata kunci: Tracer Study, Magister Teknologi Pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Aaker, David A. 1991. Managing Brand Equity. New York: Mac. Millan Inc.
Charles Hampden-Turner. 1990. Corporate Culture from Vicious to Virtuous Circles. Brittain: Hutchinson Business Books.
Davies, Andrian. 1999. A Strategic Approach to Corporate Governance. England: Gower Publishing.
Dessler, Gary. 2001. Management, Leading People and Organizations in The 21 st Century. New Jersey: Prentice Hall.
Indrajit, Eko. 2006. Manajemen Perguruan Tinggi Modern. Jakarta: Andi Offset
Izadi, Mahyar, Ali E. Kashef, Ronald W Stadt, Quality in Higher Education: Lessons Learned from the Baldrige Award Deming Price and ISO 9000 Registration, Journal of Industrial Teacher Education, Volume 33, Number 2.
Keputusan Mendiknas No. 232/U/2003 Tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa
Lampiran Instruksi Mendiknas RI No. 1 Tahun 2006 Tanggal 22 Juni 2006 Tentang Penyerahan Arsip Statis Di Lingkungan Depdiknas.
Peraturan Mendiknas RI No 37 tahun 2006 Tentang Tata Kearsipan Di Lingkungan Depdiknas.
Peraturan Mendiknas RI No. 26 Tahun 2006 Tanggal 4 Juli 2006 Tentang Jadwal Retensi Arsip Substantif dan fasilitatif di Lingkungan Perguruan Tinggi Negeri dan Kopertis
PP No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi
PP No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 45 Tentang Pengendalian Mutu dan pasal 18, 19 Tentang Standar Kompetensi Pendidikan Tinggi
UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v5i2.7485
Refbacks
- There are currently no refbacks.