PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN DISIPLIN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MTs
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk : (1) mengetahui perbedaan penalaran belajar matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, (2) mengetahui perbedaan penalaran belajar matematika antara siswa yang memiliki disiplin diri tinggi dan yang memiliki disiplin diri rendah, (3) mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran berbasis proyek dan disiplin diri terhadap penalaran belajar matematika, (4) mengetahui perbedaan penalaran belajar matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan memiliki disiplin diri tinggi dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan memiliki disiplin diri tinggi, dan (5) mengetahui perbedaan penalaran belajar matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan memiliki disiplin diri rendah dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan memilki disiplin diri rendah. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Cilegon semester pertama tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen melalui desain treatment by level 2 x 2, sedangkan metode pengumpulan data melalui kuisioner. Uji validitas menggunakan koefisien korelasi Pearson dan uji reliabilitas menggunakan koefisien alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas Liliefors, uji homogenitas dengan perbandingan varians terbesar dibagi varians terkecil, dan uji hipotesis menggunakan ANOVA dua jalur. Hasil penelitian diketahui bahwa data penalaran belajar matematika maupun disiplin diri berdistribusi normal dan bersifat homogen. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan, bahwa hipotesis pertama teruji kebenarannya karena Fhitung > Ftabel(29,01 > 4,08) pada taraf signifikansi 5%. Hasil uji hipotesis kedua menunjukan bahwa Fhitung > Ftabel (105,97 > 4,08) pada taraf signifikansi 5% sehingga hipotesis teruji kebenarannya.Untuk uji hipotesis ketiga Fhitung < Ftabel (0,22 < 4,08) pada taraf signifikansi 5%, dengan demikian hipotesis ketiga ditolak dan tidak terbukti kebenarannya. Hipotesis keempat dan kelima tidak dapat dilanjutkan, dengan kata lain hipotesis keempat dan kelima ditolak dan tidak terbukti kebenarannya.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Disiplin Diri dan Kemampuan Penalaran Matematis
Full Text:
PDFReferences
Abdullah Sani, Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Asmani, Jamal Makmur. 2009. Tips Menjadi Guru yang inspiratif, kreatif dan inovatif. Jogjakarta : Diva Press
Dahlan, J. A. 2011. Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka.
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta : Ar Ruzz Media
Fathoni, Abdurrahmat. 2009. Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Hurlock, Elizabeth. 1993. Perkembangan Anak Jilid 2 (Child Development) terjemahan Meitasari Tjandrasa. Jakarta : Erlangga
Lestari, Kurnia Eka dan Yudhanegara, Mukhammad Ridwan. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama
Lewis, Ramon. 2004. Dilema Kedisiplinan (The Discipline Dilema). Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum SMP/MTs Lampiran 1 mengenai struktur kurikulum SMP/MTs : Jakarta
Riduwan. 2011. Dasar-dasar Statistika. Bandung : Alfabeta
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Prenada Media Group.
Shochib, Mohamad. 2010. Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak dalam Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta
Sutawidjaya, Akbar dan Afgani, Jarnawi. 2011. Pembelajaran Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka
Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Vasiloff, Barbara C. 2003. Teaching Self Discipline to Children 15 Essential Skills. USA : the Division of Christian Education of the National Council of Churches
Warsono dan Hariyanto. 2014. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung : Remaja Rosdakarya
Willis, Sofyan S. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Yaniawati, R. Poppy. 2010. E - Learning Alternatif Pembelajaran Kontemporer. Bandung : Arfino Raya
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v4i1.7668
Refbacks
- There are currently no refbacks.