PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPING DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Materi Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tidak dapat hanya disampaikan dengan manual, namun membutuhkan metode yang tepat agar materi yang disampaikan dapat dengan mudah diterima oleh peserta didik. Pemilihan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pencapaian hasil belajar. Kompetensi yang harus dicapai peserta didik pada materi atau pembelajaran IPA tidak hanya sebatas tahu namun lebih jauh peserta didik diharapkan memiliki motivasi belajar untuk lebih memahami dan menyadari bahwa Ilmu Pengetahuan Alam adalah bagian dari pada kehidupan bukanlah hal yang mudah bagi sebagian peserta didik karenanya dibutuhkan cara yang dianggap memiliki tingkat kemudahan yang dapat dilakukan oleh setiap peserta didik. Metode mind maping sebagai salah satu metode pembelajaran yang dianggap tepat untuk mencapai kompetensi pembelajaran IPA, karena dengan menggunakan metode mind maping yaitu dengan menyampaikan berbagai macam bentuk dan teknik penyampaian materi lebih menarik diharapkan peserta didik dapat menerima dengan penuh konsentrasi melalui penggunaan mind maping yang didesain dengan cara menampilkan berbagai macam gambar dan penjelasan yang cukup menarik mampu menghantarkan peserta didik memiliki motivasi belajar IPA dengan mudah dan mendapat nilai ujian rata-rata 7.65. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode mind maping dan motivasi mengantarkan peserta didik untuk belajar IPA dengan memperoleh nilai rata-rata 7.96. Metode mind maping juga sangat tepat digunakan pada peserta didik yang memiliki motivasi rendah, metode mind maping) mampu memfasilitasi peserta didik untuk mendapatkan kemampuan belajar IPA dengan memperoleh nilai rata-rata 6.00. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanan pembelajaran dengan menggunakan metode mind maping mendapat sekor 6.50. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode mind maping dan motivasi mampu memfasilitasi peserta didik mempengaruhi siswa belajar dengan cepat dan mudah.
Kata Kunci : Metode mind Maping, motivasi, hasil belajar IPA Kelas IX
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zaenal, 2014. Penelitian Pendidikan, Metodedan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian, Jakarta :RinekaCipta
_______, 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan,Jakarta :Bumi Aksar
Arsyad, Azhar, . 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja GrafindoPersada.
_____. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dimyati. Dkk. 2009. Belajardan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Bahrie, Saeful, 2011, Psikologi Belajar, Jakarta :Rineka Cipta.
Farida Hanum. 2016. Edoman Lengkap Membuat Krya Tulis Penelitian dan Penelitian untuk Guru. Yoyakarta: Araska
Fathurrohman, Muhammad, 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamalik, Oemar, 2016. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
_______, 1977, Media Pendidikan, Bandung : Alumni UPI Bandung.
Hamdayana, Jumanta, 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatip dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
_________. 2016. Metodologi Pengajaran., Jakara: Bumi Aksara
http://id.wikipedia.org/wiki/mikrosoft-powepoint-html diunduh 29 September 2016 jam 13.30
https://biologi-Indonesia.blogsport.co.id/2014/12/matert-lengkp-tentang-sisten-ekskresi-html. diunduh tanggal15 Oktober2016.jam. 23.40
https://www.google.com.iddiunduh tanggal 29 September 2016 jam 12.30
Huda, Miftahul, 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran; isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran, Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kurniawan, Deni, 2014. PembelajaranTerpaduTematik (Teori, Praktik, dan penelitian),Bandung :Alfabeta
Kustandi, Cecep, 2016. Media Pembelajaran, Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kustiawan.Dedi, 2013. Analisis Hasil Belajar, Program Perbaikan dan Pengayaan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Jakarta:.Luxima Metro Media.
Mulyasa. 2016. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosdakarya.
Narbuko, Cholid, .dkk. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Prawira, Atmaja, Purwa, 2014. Psikologi Pendidikan Dalam Persepektif Guru,Jogjakarta :Arruzz Media.
Purwanto, 2014, EvaluasiHasilBelajar, Yogyakarta :PustakaPelajar.
Putraagem.blogspot.co.id/204/03/system-ekskresi-pada-manusia.html. diunduh. Tanggal16 Oktober 2016. Jam24.10.
Ramayulis, 2014. Metologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta :Kalam Mulia
Riduwan, 2013. MetodedanTeknik MenyusunTesis. Bandung: Alfabeta.
Ridwan Abdullah Sani. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Sadiman.Arif, S Dkk. 2014. Media Pendidikan; Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Sardiman, , 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : Raja Grafika Persada.
Sardiman. 1990. Interaksi dan Motivasi Balajar Mengajar; Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Setiawan, Budi, 2015. Taknik Praktis Analisis Data Penelitian Sosial & Bisnis dengan SPSS, Yogyakarta: Andi Opfset.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 13. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Siagian, Sondang P. 2012. Teori Motivasi dan Aplikasinya., Jakarta : Rineka Cipta
Silberman, L, Melvin, 2014. Active Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusa Media dan Nuansa Cendekia.
Sitepu, B. P., 2014. Pengembangan Sumber Belajar. Jakrarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta :Rineka Cipta
Sobur, Alek, 2016. Psikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia.
Subiyanto. 1990. Strategi Belajar-Mengajar Ilmu Pengetahuan Alam. Malang: IKIP Malang.
Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R & D, Bandung :Alfabeta.
________, 2015, .Metode Penelitian Tindakan Komprehensif (Unruk Perbaikan Kinerja dan Pengembangan IlmuTndakan). Bandung: Alfabeta.
Sujana, Nana, 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
______,Dkk. 2010. Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sukardi, MS, 2011. Evaluasi Pendidikan, Prinsip & perasionalnya, Jakarta :Bumi Aksara
Suprijono, Agus, 2015. Coopertive Learning, Yogyakarta :Pustaka Pelajar.
Trianto, 2013, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif, Konsep, Landasan, danimplementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP),Jakarta :Kencana Prenada Media Group.
______. 2012. Model PembelajaranTerpadu, Konsep, Strategi, dan Inplementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, Hamzah, B, 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
___________, 2012. Media komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Walgito, Bimo, . 2010. Pengantar Psikologi umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Wena, Made, 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontempores; SuatuTinjauan Konseptual Oprasional. Jakarta:.Bumi Aksara.
Widoyoko, Putro, Eko, 2014. Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Wina, Sanjaya, 2010. Strategi Pembelelajaran, Berorientasi Standar. Proses pendidikan, Bandung: Prenada Media Group.
Wisudawati, Widi, Asih, Dkk. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
www.hadisatrawan.blogspot.co.id/2012/sistemekskresi-pada-manusia-rangkuman.html. Diunduhtanggal 16 Oktober 2016, jam 24.30.
www..aghusmalik.net/2015/12/pengertian-dan-fungsi-microsoft.html.diunduh tanggal 29 September 2016 jam 13.10
www.i’siswaswamaster.com/2015/11/pengertian-dan-fungsi-microsoft-powerpoint-htmldiunduh 29 September 2016 jam 12.09
www.kanglukman.org/2015/10/pengertian-dan-fungsi-microsoft.htmldiunduh tanggal 29 September 2016 jam 13-30
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v4i1.7671
Refbacks
- There are currently no refbacks.