PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM DAN DISIPLIN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran menggunakan media film dibandingkan pembelajaran menggunakan media cetak terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas X SMK Anisa Kabupaten Tangerang; (2) pengaruh kedisiplinan siswa tinggi dibandingkan kedisiplinan siswa rendah terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas X SMK Anisa Kabupaten Tangerang; (3) interaksi pengaruh antara pembelajaran menggunakan media film dan kedisiplinan terhadap hasil belajar Bahasa Inggris. Sampel dalam Penelitian ini berjumlah 52 siswa yang terdiri dari 26 siswa di kelas yang melakukan pembelaajaran dengan menggunakan media film dan 26 siswa di kelas yang menggunakan media cetak. Instrumen yang digunakan adalah instrument disiplin siswa dan hasil belajar bahasa Inggris. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2 dan uji hipotesis dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat pengaruh penggunaan media film terhadap hasil belajar Bahasa inggris Hal tersebut diperoleh dari nilai probabilitas atau signifikansi pada aspek kognitif 0,001 < 0,05, aspek afektif 0,003 < 0,05 dan aspek psikomotor 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. (2) terdapat pengaruh kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar Bahasa Inggris; Hal tersebut diperoleh dari nilai probabilitas atau signifikansi pada aspek kognitif 0,006 < 0,05, aspek afektif 0,000 < 0,05, aspek psikomotor 0,000 <0,05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima (3) terdapat pengaruh interaksi antara media film dan kedisiplinan terhadap hasil belajar Bahasa Inggris; Hal tersebut diperoleh dari nilai probabilitas atau signifikansi pada aspek kognitif 0,045 < 0,05, pada aspek afektif 0,042 < 0,05, pada aspek psikomotor 0,014 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima.
Kata Kunci: Media Film, Disiplin Siswa, Hasil Belajar Siswa.
References
Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Anggoro, M. Toha, dkk. 2011. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Anwar, Munasih F. 2007. English In Progress Business And Management For SMK Year X. Jakarta: Yudhistira.
Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asnawir, dan Basyirudin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Dede Samsul Hadi. 2015. Penerapan Media Video Film Bahasa untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Menulis Bahasa Inggris Pada Peserta Didik Kelas X SMKN 10 Pandeglang. Tesis Magister Teknologi Pembelajaran Untirta. Serang: Tidak diterbitkan.
Dimyati dan Mudjiono. 1994. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: P2LPTK.
Fathoni, Abdurrahmat. 2009. Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Mannusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Gordon, T.1996. Mengajar Anak Berdisiplin Diri di Rumah dan di Sekolah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Guntur Tarigan Henry. 2008. (A) Menulis, Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Hamalik, Omar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Harmer, Jeremy. 2007. How to Teach Writing. London: Longman.
_____________. 2002. The Practice of English Language Teaching. London: Pearson Education Limited.
Hurlock, Elizabeth. 1993. Perkembangan Anak Jilid 2 ( Child Development) terjemahan Meitasari Tjandrasa. Jakarata: Erlangga
Ita Trisnawati. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Film Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMPN 1 Cibadak Kabupaten Lebak. Tesis Magister Teknologi Pembelajaran Untirta. Serang: Tidak diterbitkan.
Johnson, Lau Anne. 2009. Pengajaran yang Kreatif dan Menarik (Teaching Outside the Box: How to Grab Your Students bt Their Brains). Jakarta: Indeks
Kustandi, Cecep. Sujipto, Bambang. 2011. Media Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia.
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu.2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
McQuail, Dennis. 1997. Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Miarso, Yusufhadi. 2015. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Munandi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.
Nasution. 2012. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Nazir, Moh. 2009. Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Pascasarjana. 2015. Buku Pedoman Penulis Tesis. Serang: Pascasarjana Universitas Sulatan Ageng Tirtayasa
Prawiradilaga, Dewi Salma. 2014. Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: KencanaPurwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rasyid, Harun. 2008. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wancana Prima.
Riduwan. 2012. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rusman, Kurniawan dan Riyana. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rusman, Kurniawan, Deni dan Rusyana, Cepi. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Depok: Raja Grafindo Persada.
Sardiman A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar- Mengajar. Jakarta: Rajawali pers.
Sari, Fera Purnama.2015. Pengaruh Penggunaan Multimedia dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIA Madrasah Aliyah Nasyrul ‘ulum Bani Sholeh Cilegon.Tesis Magister Teknologi Pembelajaran Untirta. Serang: Tidak diterbitkan.
Schramm, W. 1977. Big Media Little Media. California: Sage Publication Beverly Hill.
Slameto. 2012. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarata: Rineka Cipta.
Smaldin, Sharon E. dkk. 2012. Instructional Technology & Media For Learning.. (Terj. Arif Rahman). Edisi kesembilan. Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
_____________. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung: Sinar Baru.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2012. Metode Penelitian Pendidikan; Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Uno, B. Hamzah & Lamatenggo N. 2011. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Vasiloff, Barbara C. 2003. Teaching Self Discipline to Children 15 Essential Skills. USA : the Division of Christian Education of the National Council of Churches
Wills, Ratna. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Winkel, W.S. 1989. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Sumber Jurnal dan Internet:
Fiana, Fani Julia. 2013. Disiplin Siswa di sekolah dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Diakses http://ejournal.unp.ac.id/index.php/kons Senin, 24/10/2016 pkl.08.45 WIB.
Jhon, Eltin. Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Anak di Kelas melalui Cerita. Jurnal Pendidikan Penabur – No. 16/Tahun ke-10/Juni 2011.
https://www.britishcouncil.org/voices-magazine/how-can-film-help-you-teach-or-learn-english. Diakses Pada Selasa, 6/09/2016. Pukul 10:01WIB
http://kbbi.web.id/disiplin. Diakses Pada Selasa, 6/09/2016. Pukul 10:06 WIB
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v4i1.7672
Refbacks
- There are currently no refbacks.