PENERAPAN MEDIA KARTU “JEMBATAN KELEDAI” UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Kimia dengan menggunakan media kartu jembatan keledai. Menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diagnostik model Kemmis dan McTaggar sebanyak 2 siklus. Temuan penelitian menunjukkan bahwamedia kartu jembatan keledaiefektif digunakan dalam pembelajaran Kimia di X MIPA 3 MAN 2 Cilegon.Terdapat peningkatan efektivitas penerapan media kartu jembatan keledai siklus I; 61,36 %, siklus II; 72,45 %. Persentase prestasi belajar peserta didik pada siklus I; 61 % siswa memperoleh nilai ≥72 dan 39 % siswa memperoleh nilai <72. Prestasi belajar siswa pada siklus II sebanyak 76% siswa memperoleh nilai ≥72. Sedangkan perolehan nilai <72 sebanyak 24%.
Kata Kunci : media kartu jembatan keledai,prestasi belajar
Full Text:
PDFReferences
Anderson, Lorin W. David R. Krathwohl 2010.“Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom (A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Blooms Taxonomy of Educational Objectives)”. Diterjemahkan oleh Agung Prihantoro.
Bahtiar, Kurnia Ningsih, Eko Sri Wahyuni. 2007. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Jembatan Keledai (EzelBruggece) Berbantuan Peta Konsep. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Untan, Pontianak.
Boekarts, Monique. Paul R. Pintrich. Moshe Zeidner. 2005. Hand Book of Self –Regulation . Elsevier Academic Press
Hidayat, syarif. Asip. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Pustaka Mandiri. Pustaka Mandiri, Tangerang.
Joyce, Bruce. Marsha Weil. Emily Calhoun. 2011. “Model-model Pengajaran (Models of Teaching)”. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza. Pustaka Pelajar
Kusumah, Wijaya. Dedi Dwitagama. 2011. “Mengenal Penelitian Tindakan Kelas”. Jakarta. Indeks.
Mulyasa, E. 2008.“Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan”. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Prawiradilaga, Dewi Salma. 2012. “Wawasan Teknologi Pendidikan”. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Rusman. 2014. “Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru”. Rajagrafindo Persada.
Rusman. 2011. “Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru”. Rajagrafindo Persada.
Schunk, Dale H. 2012. “Teori-teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan (Learning Theories: An Educational Perspective)”. Diterjemahkan oleh Eva Hamdiah, Rahmat Fajar.Pustaka Pelajar.
Smaldino, Sharon E. Deborah L. Lowther. James D. Russel. 2011. “Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar” (Instructional Technology & Media for Learning). Diterjemahkan oleh Arif Rahman. Kencana.
Sugiyono. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D”. Alfabeta Bandung, 2013.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v4i1.7674
Refbacks
- There are currently no refbacks.