PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA

Nurhayati Nurhayati, Sholeh Hidayat, Suroso Mukti Leksono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Perbedaan penguasaan konsep matematika peserta didik antara peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model inkuiri terbimbing dan metode ceramah. 2. Perbedaan penguasaan konsep matematika peserta didik antara peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi dan peserta didik yang memiliki minat belajar rendah. 3. Pengaruh interaksi antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan minat belajar terhadap penguasaan konsep matematika peserta didik. 4. Perbedaan penguasaan konsep matematika peserta didik antara yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model ceramah  peserta didik yang memiliki minat tinggi. 5. perbedaan penguasaan konsep matematika peserta didik antara yang menggunakan model inkuiri terbimbing dan model ceramah pada peserta didik yang memiliki minat belajar rendah. 6. perbedaan penguasaan konsep matematika peserta didik antara yang menggunakan model inkuiri terbimbing pada peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi dan minat belajar rendah. 7. Perbedaan penguasaan konsep matematika peserta didik antara yang menggunakan model ceramah pada peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi dan minat belajar rendah.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain factorial 2x2. Jumlah sampel dari penelitian ini berjumlah 80 peserta didik yang diambil dari kelas 5 Di SD Negeri Cadasari 5. Adapun waktu yang digunakan dalam penelitian ini pada bulan April 2017. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1. Terdapat perbedaan penguasaan konsep matematika peserta didik antara peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model inkuiri terbimbing dan model ceramah. 2. Terdapat perbedaan penguasaan konsep matematika peserta didik antara peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi dan peserta didik yang memiliki minat belajar rendah. 3. Terdapat pengaruh interaksi antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan minat belajar terhadap penguasaan konsep matematika peserta didik. 4. Terdapat perbedaan penguasaan konsep matematika peserta didik antara yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model ceramah  peserta didik yang memiliki minat tinggi. 5.Terdapat perbedaan penguasaan konsep matematika peserta didik antara yang menggunakan model inkuiri terbimbing dan model ceramah pada peserta didik yang memiliki minat belajar rendah. 6. Terdapat perbedaan penguasaan konsep matematika peserta didik antara yang menggunakan model inkuiri terbimbing pada peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi dan minat belajar rendah. 7. Terdapat perbedaan penguasaan konsep matematika peserta didik antara yang menggunakan model ceramah pada peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi dan minat belajar rendah

 

Kata Kunci : Model Inkuiri terbimbing, Minat Belajar,  Penguasaan Konsep Matematika.


Full Text:

PDF

References


Anam, Khiorul.2015. Pembelajaran Berbasis Inquiri. Yogyaarta: Pustaka Belajar.

Priansa. 2015.Manajemen Peserta Didik Dan Model Pebelajaran. Bandung: IKAPI

Sani. 2013.Inovasi Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara

Slameto. 203. Belajar dan Faktor-Faktot yang Mempngaruhi. Jakarta. Rineka Cipta.

Trianto. 2010.Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta:Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v4i2.7677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.