PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL UNTUK SISWA SMP
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada materi Aritmetika Sosial untuk siswa kelas VII dan mengetahui kualitas bahan ajar dilihat dari aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tahap analysis meliputi (1) analisis kebutuhan siswa; (2) analisis kurikulum. Tahap design meliputi (1) penyusunan peta kebutuhan bahan ajar; (2) penetapan struktur bahan ajar; (3) pembuatan instrumen penelitian. Tahap development meliputi (1) penyusunan bahan ajar; (2) validasi bahan ajar. Tahap implementation meliputi (1) uji coba bahan ajar; (2) tes hasil belajar. Tahap evaluation meliputi (1) penilaian bahan ajar oleh guru dan siswa; (2) analisis hasil tes hasil belajar. Produk penelitian ini berupa bahan ajar pada materi Aritmetika Sosial berbasis PMR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas bahan ajar dilihat dari aspek kevalidan termasuk dalam kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 4,30 dan persentase 86% berdasarkan penilaian dosen ahli materi, ahli media dan guru matematika; (2) kualitas bahan ajar dilihat dari aspek kepraktisan termasuk dalam kriteria sangat baik dengan persentase 93,75% berdasarkan hasil respon siswa terhadap bahan ajar; dan (3) kualitas bahan ajar dilihat dari aspek keefektifan menunjukkan bahwa bahan ajar efektif digunakan untuk pembelajaran. Keefektifan tersebut berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan guru matematika menunjukkan kualitas bahan ajar termasuk kategori sangat baik dengan skor rata-rata seluruh aspek 4,30 dan berdasarkan tes hasil belajar menunjukkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 84,38% dengan nilai rata-rata 82,40.
Kata kunci : Bahan Ajar, Pengembangan Model ADDIE, Pembelajaran Matematika Realistik (PMR)
Full Text:
PDFReferences
Chomsin S. Widodo dan Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gramedia.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Heruman. 2014. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan [Aplikasi Pada penelitian
Pendidikan Matematika]. Jember : Pena Salsabila.
Kesumawati, Nila. 2008. Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. 229 – 235. Palembang: FKIP Universitas PGRI
Newby, Timothy J. Dkk. 2000. Instructional Technology for Teachers and Learning: Designing Instruction, Integrating Computers, and Using Media. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education.
Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Siddiq, Djauhar. 2008. Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Jakarta: Depdiknas.
Soviawati, Evi, Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal. Edisi Khusus No. 2. Agustus 2011
Sudiono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suherman, E, dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.
Supinah, 2003. Pembelajaran Matematika dengan Model PMRI, Yogyakarta: P4TK Matematika
Sutarto, Hadi. 2005. Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjaramasin: Tulip.
Widoyoko, Eko P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v3i1.7713
Refbacks
- There are currently no refbacks.