IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MELALUI PEMANFAATAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Siti Anggita Agustiani, Chusaery Rusdi Syarif, Luluk Asmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kubang Kutu 2, menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jumlah 20 siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan pedoman observasi dan hasil belajar menggunakan test. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dengan menerapkan pembelajaran tematik terpadu dan pemanfaatan media power point dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Untuk aktivitas belajar siswa perbandingan dari pra siklus yaitu 1,9 dengan kategori kurang, siklus I 2,2 dengan kategori cukup dan siklus II 3,1 dengan kategori baik. Sedangkan untuk hasil belajar perbandingan antara pra siklus dengan rata-rata 5,4; siklus I dengan rata-rata 6,8; dan siklus II dengan rata-rata 8,1. Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi guru dan siswa dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada khususnya dan umumnya dalam meningkatkan mutu pendidikan.

 

Kata Kunci : Pembelajaran Tematik Terpadu, Media Power Point, Aktivitas belajar, Hasil Belajar, IPA.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S., Suhardjini, & Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Barlia, L. 2009. Teori Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Subang: Royyan Press.

_______. 2010. Teori Pembelajaran Lingkungan Hidup di SD. Subang: Royyan Press.

Hajar, I. 2013. Panduan Lengkap Kurikulum Tematik Untuk SD/MI. Yogyakarta: Diva Press.

Indriana, D. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Joyce, B., Well, M., & Colhoun, E. 2011. Models Of Teaching (Eight Edition). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Kurniawan, D. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik dan Penilaian. Bandung: Alfabeta.

Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosda.

_______. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Rosda.

Martler, C. 2011. Action Research (Mengembangkan Sekolah dan Memperdayakan Guru). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nuraini, & Nuchiyah, N. 2010. Diktat Praktek Pembelajaran Terpadu Program S1 PGSD. Serang: UPI Kampus Serang.

Prastowo, A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press.

Rusman. 2010. Model-model pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

______. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : Grafindo.

Sani, R. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, W. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Kencana.

Sardiman, A. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Rajawali.

Sholeh. 2011. Metode Edutainment. Yogyakarta: Diva Press.

Sudjana, N. 2004. Media Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

_________. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Sagala, S. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Winkel, WS. 1997. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Yusnandar, E. & Nur’aeni. 2013. Metode Penelitian Tindakan di SD. Serang: Ikhwan Mandiri Press.

(Tesis)

Rohayati, A. 2013. Penerapan media powerpoint dan metode ceramah bervariasi untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi kelas IV di SDN Serang 2 kota serang (Penelitian Tindakan Kelas). Tesis. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

(Online)

Dewi, C. 2010. Implementasi Sistem Pembelajaran Terpadu di SDIT Ar. Risalah Surakarta. [Online]. Tersedia: http://pasca.uns.ac.id/?p=302. [Diakses: 14 Februari 2016].

Wirahayu, K. 2014. Implementasi Pembelajaran Tematik Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Kemampuan Calistung Siswa Kelas 1 SD Negeri 7 Sesatan.[Online].Tersedia:http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1042. [Diakses: 13 Februari 2016].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.