PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan antara metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan ekspositori serta kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap pemahaman konsep kompetensi magnet. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. . Populasi dalam penelitian sembilan kelas IX dengan jumlah peserta didik setiap kelas 38. Kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Proses pembelajaran dilakukan dengan dua metode, inkuiri terbimbing pada kelas eksperimen dan ekspositori pada kelas kontrol. Data yang diperoleh diuji normalitas dengan Kolmogorov Smirnov dan homogenitas dengan Two way ANOVA. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara pemahaman konsep magnet peserta didik yang menggunakan metode inkuiri terbimbing dan ekspositori. Hasil uji menunjukkan nilai p-value sebesar 0,037 <a = 0,05. Terdapat perbedaan pemahaman konsep magnet peserta didik yang memiliki kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah. Hasil uji diperoleh nilai p-value sebesar 0,000 <a = 0,05. Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan awal. Hasil uji diperoleh nilai p-value sebesar 0,000 <a = 0,05. Simpulan penelitian ini menunjukkan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dapat memberikan pemahaman konsep yang lebih tinggi dibandingkan ekspositori.
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing,Kemampuan Awal, dan Pemahaman Konsep
Full Text:
PDFReferences
Anam, Khoirul. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri: Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatn Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Creswell, Jhon W. 2014. Research Design, Pendekatan Kalitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nashar.2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press
Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Vestari, D. 2009. Model Pembelajaran Berbasis Fenomena dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembiasan Cahaya dan Keterampilan Generik Sains Siswa SMP. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v3i2.7756
Refbacks
- There are currently no refbacks.