METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Tuti sumandani, Yayat Ruhiat, Luluk Asmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan minat belajar terhadap Hasil belajar konsep cahaya siswa Kelas V SDN Sukaratu 1 Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang.Metode untuk mencapai tujuan tersebut menggunakan metode eksperimen, dengan desain faktorial 2 x 2. Penelitian dilakukan  pada siswa kelas V, jumlah sampel 40 siswa dalam dua kelompok yaitu kelompok kontrol menggunakan metode ekspositori dan kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Data dikumpulkan dengan tes Hasil belajar konsep.Analisis data menggunakan Anova dua jalur dan uji Tukey dengan taraf signifikan 0.05. Hasil belajar konsep cahaya dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dari metode ekspositori.Hasil belajar konsep cahaya  pada kelompok peserta didik  minat belajar tinggi lebih tinggi dari kelompok peserta didik  minat belajar rendah. Terdapat pengaruh interaksi penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan minat belajar terhadap Hasil belajar konsep cahaya.Hasil belajar konsep cahaya yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing kelompok minat belajar tinggi lebih tinggi dari yang menggunakan metode ekspositori.Hasil belajar konsep cahaya yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing kelompok minat belajar rendah lebih rendah dari yang menggunakan metode ekspositori.Hasil belajar konsep cahaya yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing kelompok minat belajar tinggi lebih tinggi dari yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing kelompok minat belajar rendah.Hasil belajar konsep cahaya yang menggunakan metode ekspositori kelompok minat belajar tinggi lebih rendah dari yang menggunakan metode ekspositori kelompok minat belajar rendah. Hasil penelitian ini dapat dinyatakan bahwaapabila model pembelajaran inkuiri terbimbing dilakukan dengan memperhatikan minat belajar peserta didik akan mampu meningkatkan Hasil belajar konsep.

 

Kata Kunci :Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Minat Belajar, Dan Hasil Belajar Konsep Cahaya


Full Text:

PDF

References


Anam, Khoirul. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Arifin. 2009. Evaluasi Pembelajaran, Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung : Remaja Rosda Karya

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik,Oemar, 2011, Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Joyce, Weil dan Calhoun. 2011. Metodes of Teaching (Metode-metode Pengajaran) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Rustaman, N. Y. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press

Sudjana, Nana. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v3i2.7759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.