PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Lilis Hendayati, Sholeh Hidayat, Luluk Asmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (PBM)  dan Kemampuan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan  (Materi : Peran serta masyarakat dalam sistem politik di Indonesia) di SMK Guna Bangsa Banjarsari Kabupaten Lebak.Sampel diacak secara random (Random Sampling) dari sampel yang ditentukan.Populasi penelitian ini kelas X berjumlah 80 orang yang juga dijadikan sampel (sampel jenuh). Teknik pengumpulan datanya dengan member test (Post).hasil penelitian tersebut memperoleh (1) Terdapat perbedaan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada siswa X dengan menggunakan modelpembelajaran berbasis masalah (PBM) dengan Model pembelajaran langsung. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi dengan kemampuan siswa berpikir kritis rendah . (3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan dengan menggunakan model pembelajaran langsung dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi. (4) Terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah  dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. (5) Terdapat perbedaan hasil belajar model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi     dengan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran langsung dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. (6) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran langsung dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran langsung dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran berbasis masalah (PBM), Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto; Suharsimi; 2005; Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan; Jakarta; Bumi Aksara.

Arikunto; Suharsimi; 2012; Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan; Jakarta; Bumi Aksara.

Amir; M.T; 2009; Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning Bagaimana Mendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan; Jakarta; Kencana.

Arifin; Zainal; 2011; Evaluasi Pembelajaran; Bandung; Remaja Rosdakarya

Delisle; Robert; Use Problem-Based Learning In The Classroom; Virginia USA; Alexandria

Depdiknas; 2009; Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidkan Dasar dan Menengah; Jakarta; Departmen Pendidikan Nasional

Hamalik; Oemar; 2004; Proses Belajar Mengajar; Jakarta; Bumi Aksara

Hasani; Aceng; 2014; Buku Pedoman Penulisan Tesis; Serang; Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Huda; Miftahul; 2014; Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis); Yogyakarta; Pustaka Pelajar

Ibrahim; M dan Nur; 2000; Pengajaran Berdasarkan Masalah; Surabaya; UNSJakarta; Jurusan; PGSD;

Universitas; Negeri; 2012; Modul Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru Sekolah Dasar; Jakarta; Universitas Negeri Jakarta

Jamaris; Martini. 2012. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Muchlis; Masnur; 2007; KTSP (Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual); Jakarta; Bumi Aksara

Nazir; Moh; 2011; Metode Penelitian; Bogor; Ghalia Indonesia

Notoatmodjo; Soekidjo; 2010; Metodologi Penelitian Kesehatan; Jakarta; Rineka Cipta

Purwanto; Ngalim; 2004; Prinsip-Prinsip Teknik Evaluasi Pengajaran; Bandung; Remaja Rosdakarya Offset

Qutb; Syaikh; Muhamad; Ali; 2005; Shaleh Pengantar Ke Surga dan Penyelamat Neraka

Rusman; 2012; Model-Model Pembelajaran; Jakarta; Rajawali Pers

Sanjaya; W; 2008; Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan; Jakarta; Pradana Media Grup

Sanjaya; wina; 2010; Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan; Jakarta; Kencana

Seels; Barbara; B; & Richey; Rita; C; 2006; Teknologi Pembelajaran Definisi dan Konsep; Jakarta; Universitas Negeri Jakarta

Solihatin; Entin; Strategi Pembelajaran PKn

Suparman; Atwi; M; 2014; Desain Intruksional Modern; Jakarta; Erlangga

Surwono; Atik; Hartati; 2011; Pendidikan Kewarganegaraan; Jakarta; Pusat Kurikulum dan Perbukuan

Surya; Muhamad; 2000; Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran; Bandung; Pustaka Bani Quraisy

Surya; Muhamad; 2015; Strategi Kognitif Dalam Proses Pembelajaran; Bandung; Alfabeta

Arends; R; I; 2008; Learning to Teach; Yogyakarta; Pustaka Pelajar

Baptisie; Jean; 2005; Patricia Solomon

Sue Baptise; 2005; Inovation in rehabilitation science education; preparing leaders for the future; Ontario; Birkhauser

Barbara; et; Al; 2005; Child Poverty in America Today; The promise of education Princenton; NJ; GreenWood Publish Group.

Bastable; Susan; 2004; Perawat sebagai Pendidik; Jakarta; EGC

Blom B;B; et;al; 2000; Taxonomi of Educational Objecktives; Cognitive domain book; New York; Longman

Dimyati dan Mudjiono; 2006; Belajar dan Pembelajaran. Jakarta; Rineka Cipta

Muchlis; Masnur; 2007; KTSP (Pembelajaran berbasis Kompetensi dan kontekstual); Jakarta; Bumi Aksara

Razali; Mahani; Ramlah Jantan & Shabudin Hashim 2009; Psikologi Pendidikan; Kuala Lumpur PTS Profesional.

Riduwan; 2007; Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru; Karyawan; dan Peneliti Pemula; Bandung; Alfabeta

Roqib; Moh; 2009; Ilmu Pendidikan Islam; Jakarta; Pelangi Aksara

Rusmono; 2012; Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu; Bogor; Ghalia Indonesia.

Sagala; S; 2010; Konsep dan Makna Pembelajaran; Bandung; Alfabeta

Schwart & Stewart; 2002; Problem Based Learning; case studies; experince and practice; London; Kogan Page

Sobel; Max A dan Evan M Maletsky; 2003; Mengajar Pendidikan Kewarganegaraan; Jakarta; Erlangga

Sugandi; Achmad; 2004; Teori Pembelajaran; Semarang; UPT UNNES Press

Sukardi; 2003; Metodologi Penelitian Pendidikan kompetensi dan praktiknya; Jakarta; Bumi Aksara

Suherman; Erman; 2001; Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan; Jakarta; Universitas Terbuka

Surapranata; Sumarna; 2007; Analisis; Validitas; Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004; Remaja Rosda Karya

Thaha; M C; 2001; Teknik Evaluasi Pendidikan; Jakarta; Raja Grafindo Persada

Faturrohman; Maman; 2014; Statistika Penelitian Pendidikan (Penerapan Teknologi Komputasi Dalam Analisis Data); Untirta Press

Majid; Abdul; 2013; Strategi Pembelajaran; Bandung; Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v3i2.7760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.