PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan Kemampuan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan (Materi : Peran serta masyarakat dalam sistem politik di Indonesia) di SMK Guna Bangsa Banjarsari Kabupaten Lebak.Sampel diacak secara random (Random Sampling) dari sampel yang ditentukan.Populasi penelitian ini kelas X berjumlah 80 orang yang juga dijadikan sampel (sampel jenuh). Teknik pengumpulan datanya dengan member test (Post).hasil penelitian tersebut memperoleh (1) Terdapat perbedaan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada siswa X dengan menggunakan modelpembelajaran berbasis masalah (PBM) dengan Model pembelajaran langsung. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi dengan kemampuan siswa berpikir kritis rendah . (3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan dengan menggunakan model pembelajaran langsung dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi. (4) Terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. (5) Terdapat perbedaan hasil belajar model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dengan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran langsung dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. (6) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran langsung dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran langsung dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah.
Kata Kunci : Model Pembelajaran berbasis masalah (PBM), Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto; Suharsimi; 2005; Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan; Jakarta; Bumi Aksara.
Arikunto; Suharsimi; 2012; Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan; Jakarta; Bumi Aksara.
Amir; M.T; 2009; Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning Bagaimana Mendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan; Jakarta; Kencana.
Arifin; Zainal; 2011; Evaluasi Pembelajaran; Bandung; Remaja Rosdakarya
Delisle; Robert; Use Problem-Based Learning In The Classroom; Virginia USA; Alexandria
Depdiknas; 2009; Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidkan Dasar dan Menengah; Jakarta; Departmen Pendidikan Nasional
Hamalik; Oemar; 2004; Proses Belajar Mengajar; Jakarta; Bumi Aksara
Hasani; Aceng; 2014; Buku Pedoman Penulisan Tesis; Serang; Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Huda; Miftahul; 2014; Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis); Yogyakarta; Pustaka Pelajar
Ibrahim; M dan Nur; 2000; Pengajaran Berdasarkan Masalah; Surabaya; UNSJakarta; Jurusan; PGSD;
Universitas; Negeri; 2012; Modul Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru Sekolah Dasar; Jakarta; Universitas Negeri Jakarta
Jamaris; Martini. 2012. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Muchlis; Masnur; 2007; KTSP (Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual); Jakarta; Bumi Aksara
Nazir; Moh; 2011; Metode Penelitian; Bogor; Ghalia Indonesia
Notoatmodjo; Soekidjo; 2010; Metodologi Penelitian Kesehatan; Jakarta; Rineka Cipta
Purwanto; Ngalim; 2004; Prinsip-Prinsip Teknik Evaluasi Pengajaran; Bandung; Remaja Rosdakarya Offset
Qutb; Syaikh; Muhamad; Ali; 2005; Shaleh Pengantar Ke Surga dan Penyelamat Neraka
Rusman; 2012; Model-Model Pembelajaran; Jakarta; Rajawali Pers
Sanjaya; W; 2008; Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan; Jakarta; Pradana Media Grup
Sanjaya; wina; 2010; Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan; Jakarta; Kencana
Seels; Barbara; B; & Richey; Rita; C; 2006; Teknologi Pembelajaran Definisi dan Konsep; Jakarta; Universitas Negeri Jakarta
Solihatin; Entin; Strategi Pembelajaran PKn
Suparman; Atwi; M; 2014; Desain Intruksional Modern; Jakarta; Erlangga
Surwono; Atik; Hartati; 2011; Pendidikan Kewarganegaraan; Jakarta; Pusat Kurikulum dan Perbukuan
Surya; Muhamad; 2000; Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran; Bandung; Pustaka Bani Quraisy
Surya; Muhamad; 2015; Strategi Kognitif Dalam Proses Pembelajaran; Bandung; Alfabeta
Arends; R; I; 2008; Learning to Teach; Yogyakarta; Pustaka Pelajar
Baptisie; Jean; 2005; Patricia Solomon
Sue Baptise; 2005; Inovation in rehabilitation science education; preparing leaders for the future; Ontario; Birkhauser
Barbara; et; Al; 2005; Child Poverty in America Today; The promise of education Princenton; NJ; GreenWood Publish Group.
Bastable; Susan; 2004; Perawat sebagai Pendidik; Jakarta; EGC
Blom B;B; et;al; 2000; Taxonomi of Educational Objecktives; Cognitive domain book; New York; Longman
Dimyati dan Mudjiono; 2006; Belajar dan Pembelajaran. Jakarta; Rineka Cipta
Muchlis; Masnur; 2007; KTSP (Pembelajaran berbasis Kompetensi dan kontekstual); Jakarta; Bumi Aksara
Razali; Mahani; Ramlah Jantan & Shabudin Hashim 2009; Psikologi Pendidikan; Kuala Lumpur PTS Profesional.
Riduwan; 2007; Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru; Karyawan; dan Peneliti Pemula; Bandung; Alfabeta
Roqib; Moh; 2009; Ilmu Pendidikan Islam; Jakarta; Pelangi Aksara
Rusmono; 2012; Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu; Bogor; Ghalia Indonesia.
Sagala; S; 2010; Konsep dan Makna Pembelajaran; Bandung; Alfabeta
Schwart & Stewart; 2002; Problem Based Learning; case studies; experince and practice; London; Kogan Page
Sobel; Max A dan Evan M Maletsky; 2003; Mengajar Pendidikan Kewarganegaraan; Jakarta; Erlangga
Sugandi; Achmad; 2004; Teori Pembelajaran; Semarang; UPT UNNES Press
Sukardi; 2003; Metodologi Penelitian Pendidikan kompetensi dan praktiknya; Jakarta; Bumi Aksara
Suherman; Erman; 2001; Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan; Jakarta; Universitas Terbuka
Surapranata; Sumarna; 2007; Analisis; Validitas; Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004; Remaja Rosda Karya
Thaha; M C; 2001; Teknik Evaluasi Pendidikan; Jakarta; Raja Grafindo Persada
Faturrohman; Maman; 2014; Statistika Penelitian Pendidikan (Penerapan Teknologi Komputasi Dalam Analisis Data); Untirta Press
Majid; Abdul; 2013; Strategi Pembelajaran; Bandung; Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v3i2.7760
Refbacks
- There are currently no refbacks.