PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Sukdi Sukdi, Sholeh Hidayat, Luluk Asmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar melalui penggunaan model model pembelajaran kontekstual dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar pada pelajaran administrasi perkantoran  (Materi : membuat laporan perjalanan bisnis) di SMK Guna Bangsa Banjarsari Kabupaten Lebak. Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka penilitian ini dilakukan melalui penelitian eksperimen, dengan sampel populasi sebanyak 80 siswa kelas XI SMK Guna Bangsa Banjarsari Kabupaten Lebak pada tahun pelajaran 2015/2016, sample yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberi test (Post dan pre test),  untuk mengetahui kecerdasan interpersonal siswa terhadap mata  pelajaran administrasi perkantoran pada siswa kelas XI SMK Guna Bangsa Banjarsari Kabupaten Lebak, dilakukan denga menyebarkan angket, hasil penelitian menyebutkan Terdapat perbedaan hasil belajar administrasi perkantoran antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran ekspositori danKecerdasan interpersonal siswa berpengruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran administrasi perkantoran.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kontekstual, Kecerdasan Interpersonal dan Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi; Khiorul Iif; 2011; Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu; Jakarta; PT; Prestasi Pustakaraya;

Amri; Sofyan; 2010; Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam kelas Metoda Landasan Teoritis-Praktis dan Penerapannya; Jakarta; Prestasi Pustaka

Arikunto; Suharsimi; 2009; Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik; Jakarta; PT; Bumi Aksara

Arsjad; Maidar G dan Mukti S; 1986;Buku Materi Pokok Berbicara 2;PT; Bumi Aksara

Agustian; A; Ginanjar;2005; Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spritual; Jakarta; Agra Publishing

Basyiruddin; Usman;2002; Metodologi Pembelajaran Agama Islam; Jakarta Ciputat Press; Cet;ke-1;h;36

Buku modul PLPG; Tim Penyusun PLPG 2011; UNJ Jakarta

Depdiknas;2006; Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran (SMA; SMK; dan SLB); Jakarta; Depdiknas;

Depdikbud;2007; Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembeljaran; Jakarta; Ditjen Dikdasmen

Dimyati dan Mudjiono;1999; Belajar dan Pembelajaran-Jakarta Rineka Cipta;

Efendi; A; 2005;Revolusi Kecer-dasan Abad 21 Kritik MI; EI; SQ; AQ; dan Successful Intel-ligence Atas IQ;Bandung; Alfabeta;

Goleman; D; 2000;Emotional Inetellegnce (terjemahan); Jakarta; Gremedia Pustaka Utama;

Goleman; Daniel; 2000; Working With Emotional Intelligence (terjemahan);Jakarta ; PT; Gramedia Pustaka Utama;

Hamalik; Oemar; 2006; Proses Belajar Mengajar; Jakarta; PT; Bumi Aksara

Hamzah; 2008; Model Pemeblajaran Menciptakan Pembelajaran yang kreatif Efektif; Jakarta; Bumi Aksar

Iyas; 2010; Perbandingan Metode Pembelajaran Konvensional dengan MetodePembelajaran Hypnhoteaching;Jakarta; Raja Grafindo Persada

Joyce & Well; 1996 Models Of Teaching; USA; Allyn & Bacon A Simon & Scuster Company

Khasanah; Nur 2010 Pembelajaran Fisika Dengan Metode Inkuiri Terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi ditinjau dari kemampuan berfikir kritis dan kemampuan ESQ; Tesis UNS Surakarta (Tidak di Publikasikan)

Kusandar;2008; Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru; Jakarta; Raja Grafindo Persada

Mikarsa; Taufik; dan Prianto; (2009); Pendidikan Anak di SD; Ja-karta; Universitas Terbuka;

Riyanto Yatim; 2010; Pradigma Baru Pembelajaran; Jakarta Kencana Prenada Media Group

Rusman; 2012; Model-model Pembelajaran; Jakarta; Raja Grafindo Persada

Rustaman; N; Rochintaniawati; D; Nurjihani; M; K; subekti; R; Redjeki; S; Adi Yudianto; S; Dirdjosoemarto; S; H; Yanti; dan achmad; Y; (2001); Strategi Belajar mengajarJICA IMSTEP; Tidak diterbitkan

Sagala; Syaiful; 2003; Konsep dan Makna Pembelajaran; Untuk Membantu Memcahkan Problematika Belajar dan Mengajar; Bandung-Alfabeta

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa; 2015 Pedoman Penulisan Tesis

http;//dokumen;tips/documents/2015/12/23/materi-mpb-kelas-xi-semester-2;html; Trusday; March 24; 2016 09;45 Am

http;//namikazegugum;blogspot;co;id/2014/01/materi-mpb-kelas-xi-semester-1;html; Trusday; March 24; 2016 09;26 Am




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v3i2.7761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.