PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MOTORIK KASAR MELALUI STIMULASI ORANGTUA DAN PERMAINAN DENGAN BOLA BERPASANGAN PADA ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN

Luluk Asmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan motorik kasar melalui stimulasi orangtua dan permainan dengan bola berpasangan pada anak usia dini 4-5 tahun. Subjek penelitian ini adalah 12 anak dan orangtuanya di TK Pertiwi Kota Serang. Lokasi penelitian di jalan Alun-alun Selatan Kota Serang. Metodologi penelitian ini adalah pengembangan model Borg dan Gall, dari 10 langkah peneliti melakukan penelitian sampai langkah ke tujuh. Temuan-temuan hasil penelitian yaitu atas: (1)  73 permainan bola secara individu, berpasangan, berkelompok dipilih permainan bola secara berpasangan untuk lebih meningkatkan hubungan sosial emosi anak dan orangtua, (2) 33 permainan bola berpasangan dipilih 10 permainan dengan kompetensi motorik kasar melempar, menangkap, menendang, dan menggiring bola berpasangan antara orangtua dan anak, (3) kemampuan gerakan motorik yaitu gerakan manipulatif, (4) kemampuan optimal yang ditunjukkan yaitu melempar, menangkap, menendang, dan menggiring bola. Kesimpulan: (1) orangtua harus menjadi model dalam perkembangan motorik kasar anak usia dini, (2) permainan bola berpasangan yang dipilih adalah kemampuan melempar, menangkap, menendang, dan menggiring bola secara berpasangan antara orangtua dan anak. Aktivitas ini dilakukan di rumah, (3). motorik kasar adalah gerakan tubuh yang dilakukan di dengan cara berpindah (gerakan lokomotorik), gerakan tubuh di tempat (gerakan non lokomotorik), dan gerakan memprediksi (manipulatif), (4) anak usia dini 4-5 tahun berdasarkan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan yang gerakan manipulatif yang harus distimulasi adalah melempar sesuatu secara terarah, menangkap seseatu secara tepat, melakukan gerakan antisipasi, dan menendang sesuatu secara terarah.

 

Kata kunci: Motorik Kasar, Stimulasi Orangtua, Permainan Bola Berpasangan, Anak Usia Dini 4-5 Tahun


Full Text:

PDF

References


Erten, Atay, Doga, Bayhan, Bingoler et.all. 2007. Mother’s Knowledge of Young Children Development In A Developing Country: In Authors Journal Compilation Of Child: Health, Care, and Development. Oxford: Blackvell Publishing Ltd.

Faruq, Muhammad Muhyi. 2008. Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Melalui 73 Permainan Dengan Bola. Jakarta: Grasindo.

Gall, M.D., Gall, J.P. dan Borg W.R. 2003. Educational Research An Introduction, 7 th Edition. Boston: Pearson Education, Inc.,

Iskandar, Beni. 2001. Metode Pengembangan Motorik. Bandung: P3G Tertulis Dikdasmen Depdiknas.

Ivonna S, Lincoln dan Egon G Guba. 1985. Naturalistic Inquiry, California: Sage Publication.

Permendikbud No 137 Tahun 2014 Lampiran 1 Tentang Standar Nasional PAUD: Standar Isi Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak, Jakarta: Dirjen PNFI Kemendikbud.

Samsudin. 2007. Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Prenada Media Group.

Siswono. 2004. Stimulasi dan Nutrisi Penting Untuk Bayi. http.www.Suara Pembangunan. Com/news/2004/10/14/index.html.

Soedjatmiko. 2007. Stimulasi Dini Pada Bayi dan Balita Untuk Mengembangan Kecerdasan Multipel dan Kreativitas Anak. Jakarta: Pustaka Utama.

Soetjiningsih. 2002. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Cetakan II. Jakarta: EGC.

Sudarwanto, Widodo. 2011. Stimulasi Untuk Mengoptimalkan Perkembangan Motorik dalam http://childrenclinic.wordpress.com. Diakses pada 12 Mei 2015 jam 13.00.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumantri, M.S., 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas Ditjen Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Tedjasaputra, Mayke, S. 2010. Bermain, Mainan, dan Permainan Untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Toho, Cholik Mutohir dan Gustav. 2004. Perkembangan Motorik Pada Masa Anak-anak. Jakarta: Proyek Pengembangan dan Keserasian Kebijakan Olahraga. Jakarta: dirjen Olahraga Depdiknas.

UNICEF. 2006. Programing Experiences In Early Child Development. New York: Early Child Development Unit Press.

Wijaya, Awi Muhadi. 2009. Pentingnya Stimulasi, Deteksi, dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Depdiknas

Werner, Peter H. 1979. A Movement Approach To Games For Children. Sint Louis: Mosby Company.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.