PENGARUH METODE MIND MAP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Wahyu Dwi Purnomo Ndhari, Sholeh Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh metode mind map terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) pengaruh interaksi penggunaan metode pembelajarn dengan kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap hasil belajar matematika. Metode pada penelitian ini adalah menggunakan metode eksperimen (penelitian kuantitatif). Penelitian dilaksanakan di SDIT Asy-Syukriyyah Kota Tangerang dengan sampel siswa kelas IV Tahun Pembelajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode mind map terhadap hasil belajar matematika, terdapat pengaruh kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap hasil belajar matematika, tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi baik yang menggunakan metode mind map maupun yang menggunakan metode ceramah, terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah dan belajar menggunakan metode mind map dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah dan belajar menggunakan metode ceramah, tidak terdapat interaksi antara penggunaa metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap hasil belajar matematika. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode mind map terbukti efektif meningkatkan hasil belajar matematika dan kemampuan berpikir kreatif juga memberikan kontribusi terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci : Mind Map, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar Matematika Bilangan Romawi


Full Text:

PDF

References


Abyan, Amir. 1997. Perencanaan dan Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Buzan, Tony. 2006. Buku Pintar Mind Map. Jakarta : Gramedia.

DePorter, Bobbi. 2000. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Djaali. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Dryden, Gordon. 2001. The Learning Revolution, Revolusi Cara Belajar. Bandung: Kaifa.

Gawatri. 1999. Matematika I SMK. Jakarta : Yudhistira.

Hardini, Isriani. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia.

Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Joyce, Bruce. 2011. Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lubis, Muchsin. 1999. Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran. Jakarta : FMIPA UHAMKA.

Miarso, Yusufhadi. 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution, S. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Belajar, Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.

Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Panen, Paulina. 2002. Belajar Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.

Putra, Udin S Winata. 1996. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.

Ruseffendi, ET. 1988. Pengantar Kepada Membantu Guru Megembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santrock, John W. 2011. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Schunk, Dale H. 2012. Motivasi dan Pendidikan Teori, Penelitian dan Aplikasi. Jakarta: Indeks.

Singarimbun, Masri. 2008. Metode Penelitian Survai. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.

Slavin, Robert E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek. Jakarta: Indeks.

Smaldino, Sharon E. 2012. Instructional Technology and Media For Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suparman, Atwi. 2004. Desain Instruksional. Jakarta: Pusat penerbitan Universitas Terbuka.

Suriasumantri, Jujun S. 1999. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Tim Penyusun Pedoman Penulisan Tesis. 2013. Buku Pedoman Penulisan Tesis Edisi 2. Serang: Untirta Press.

Jurnal

Fardah, Dini Kinati. 2012. “Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open Ended”. Jurnal Kreano, ISSN : 2086-2334. Jurusan Matematika FMIPA UNNES Volume 3 Nomor 2 Desember 2012.

Supardi, U. S. 2012. Peran Berpikir Kreatif dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif 2(3): 248-262. ISSN: 2088-351X.

Wulansari, Ayu dkk. “Identifikasi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Open-Ended”. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 3 No 1 Tahun 2014.

Seminar

La Moma. “Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika”. Disampaikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika UNPATTI. 2011.

Tesis

Fitroh, Nur Ani Nisfu. “Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Mts Darul Huda Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2012/2013”. Tesis IAIN, Tulung Agung, 2014.

Haryono, Eko. 2011. “Efektifitas Pembelajaran Matematika Berbasis Mind Map Method Dengan Menggunakan Media Grafis Komik dalam Meningkatkan Kreatifitas Berpikir Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman”. Tesis UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2011.

Ibrahim, Nurhasni. “Pengembangan Pembelajaran Tematik dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar”. Tesis Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v2i1.7853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.