EVALUASI KEBIJAKAN DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR MUTIARA BUNDA CILEGON

Euis Rohayah, Syadeli Hanafi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang efektivitas kepemimpinan yang diambil kepala sekolah dalam pelaksanaan pendidikan inklusif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Mutiara Bunda Cilegon. Teknik pengumpulan data utama adalah in depth interview kemudian dilengkapi dengan documentation study dan participant observation. Dari penelitian ini, diperoleh temuan-temuan tentang : 1). Kondisi faktual kebijakan kepala sekolah dalam melaksanakan pedidikan inklusif di Sekolah Dasar Mutiara Bunda Cilegon yaitu: a. penerimaan peserta didik melalui tahapan observasi dan tes IQ oleh psikolog b). merekrut guru yang berlatar belakang pendidikan luar biasa c). penyesuaian kurikulum bagi peserta didik berkebutuhan khusus d). Metode mengajar disesuaikan dengan karakteristik anak, e). Pendanaan sekolah inklusif berjalan secara mandiri e). sarana dan prasarana adalah mendirikan beberapa bangunan yang mudah dijangkau 2). Peran kepala sekolah dalam pengambilan kebijakan penyelenggaraan pendidikan inklusif di Sekolah Dasar Mutiara Bunda Cilegon yaitu: a). sebagai educator, melakukan pembinaan kepada guru tentang pendidikan inklusif b) sebagai manajer adalah konsistensi manajemen kepala sekolah dalam pendidikan inklusif, c). sebagai administrator adalah secara mandiri dalam pendanaan pendidikan inklusif d). supervisor adalah menilai guru  dan pendamping anak berkebutuhan khusus e). sebagai leader adalah memimpin dan pengambil kebijakan dalam melaksanakan pendidikan inklusif f). sebagai inovator adalah memberikan keantusiasan peserta didik dan guru dalam menyukseskan pendidikan inklusif. Beberapa saran dalam penelitian ini adalah : (1) Diharapkan semua orang tua mendukung semua kebijakan yang dibuat oleh kepala sekolah, (2) Diupayakan guru-guru lebih memahami karakteristik peserta didik, (3) Direkomendasikan kepada dinas pendidikan kota/kabupaten dan provinsi agar memberikan perhatian dan mensosialisasikan hingga ke berbagai kota dan daerah terkait pendidikan inklusif dan mendukung program yang terkait dengan pendidikan inklusif.

 

Kata kunci: Evaluasi kebijakan, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pendidikan Inklusif.


Full Text:

PDF

References


Arikunto. Suharsimi, 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Asdi Mahasatya

Danim, S. 201). Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta

David Smith, J. 2013. Sekolah Inklusi. Bandung: Nuansa Cendikia

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Direktorat Pendidikan Luar Biasa. 2006. Manajemen Sekolah Dalam Pendidikan Inklusif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Dunn, W. 2003 Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Fattah, N. 2012 Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Modul Pelatihan Pendidikan Inklusif.

Kustawan, D. 2012. Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima Metro Media

Moleong, L, J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. 2011. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E 2012. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung. Remaja Rosdakarya

Miftahudin 2009. Evaluasi Kebijakan Walikota Semarang Nomor 6 Tahun 2008 tentang Sistem Tata Cara Penerimaan Peserta Didik di Kota Semarang (Kasus Penerimaan Peserta Didik melalui Seleksi Khusus SMP Negeri 10 Kota Semarang). (Tesis). Sps. Undip

Paerunan, I 2011. Implementasi Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar X, Y, dan Z Kota Jayapura. (Tesis) SPs. UPI

Permendiknas. (2009). No. 70 Tahun 2009. Tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik Yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan atau Bakat Khusus. Jakarta: Departemen Pedidikan Nasional

Rahardja, D. 2011. Penerapan Konsep-Konsep Bimbingan dan Konseling dalam Pembelajaran dan Layanan Bimbingan bagi Siswa Tuna Netradi Sekolah Penyelanggara Perintis Pendidikan Inklusif. (Desertasi) PPs. UPI

Rohiyat. 2008 Kecerdasan Emosional Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Refika Aditama

Rusyan, T. 2002 Profesionalisme Kepala Sekolah, Jakarta: Pustaka Dinamika

Sudadio, 2013 Dimensi Esensial Manajemen Peningkatan Mutu Jasa Pendidikan dan Pelatihan.

Sugiyono, 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta

Sedarmayanti. 2011 Membangun dan Mengembangkan Kepemimpinan serta Meningkatkan Kinerja untuk Meraih Keberhasilan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Styawan, W.B 2008 Evaluasi Proses Pelaksanaan Program Pengembang Kecamatan (PPK) di Kecamatan Karangmejo Kabupaten Gunungkidul. (Tesis) Sps.Undip

Taufan, J 2013 Kebijakan-kebijakan Kepala Sekolah dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Sekolah X Kota Jambi. (Tesis) Sps. UPI

Usman, H. 2013. Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Untirta (2014). Buku Pedoman Penulisan Tesis.

Wahjosumidjo. 2003. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Winarno, Budi. 2005 Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Media Pressindo

Wirawan, (2013). Kepemimpinan (Teori Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi, dan Penelitian). Jakarta: Raja Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v2i1.7854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.