PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE WONDERSHARE QUIZ CREATOR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaaan Wondershare quiz creator dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi dari penelitian ini siswa SMP Tunas Bangsa Cilegon kelas IX Tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 80 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Random samplingdengan kelas IX.A dan IX.B yang dijadikan sebagai sampel penelitian. Penelitian ini dilakukan di SMP Tunas Bangsa Cilegon, yang dilaksanakan pada bulan oktober sampai nopember tahun 2014. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan “Factorial Group Design” dengan 2 kategori. Dari hasil analisis data untuk Hipotsesis pertama menunjukkan bahwa hasil analisis menunjukkan bahwa Fhitung sebesar 7,500 lebih besar dari Ftabel sebesar 4,09 dan sig. a besarnya 0,010 lebih kecil dari pada a = 0,05. dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil analisis data Hipotesis kedua menunjukkan bahwa hasil analisis menunjukkan bahwa Fhitung sebesar 7,500 lebih besar dari Ftabel sebesar 4,09 dan sig. a besarnya 0,010 lebih kecil dari pada a = 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil analisis Hipotesis ketiga menunjukkan bahwa hasil analisis menunjukkan bahwa Fhitung sebesar 0,000 lebih kecil dari Ftabel sebesar 4,09 dan sig.a besarnya 1,000 lebih besar dari pada a = 0,05 dengan demikian H0 diterima dan H1 ditolak. Hipotesis keempat sampai ketujuh menunjukan bahwa nilai Fhitung adalah 5,000 lebih besar dari Ftabel yaitu sebesar 2,80 dan nilai sig. a besarnya 0,005 lebih kecil dari pada a = 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima
Kata kunci: Software Wondershare Quiz Creator, Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika Kesebangunan
Full Text:
PDFReferences
Abin Syamsudin. 2009. Psikologi Kependidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Agus Sujanto. 2004. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Arief S. Sadiman. 2007. Media Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Azhar Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Dalyono. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati, Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Engkoswara. 2010. Administrasi Pendidikan, Bandung : Alfabeta.
I. L. Pasaribu dan B. Simandjuntak. 1983. Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung : Tarsito.
Muhibin Syah. 2004. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda karya.
Olson, Matthew H. 2010 Theoris of Learning (Teori Belajar), Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Rasyid, Harun dan Mansyur. 2008. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima.
Ratna Wilis. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Sardiman, A.M 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi. 2003. Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah. Bandung : Usaha Nasional.
Sumarno, Alim. 2011. Pengertian Hasil Belajar, http://elearning. unesa.ac.id/tag/teori-hasil-belajar-gagne-dan-driscoll-dalam-buku-apa
Taruh, Enos. 2003. Konsep Diri dan Motivasi Berprestasi dalam Kaitannya dengan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Penelitian dan Pendidikan (hlm.15-29) Gorontalo: IKIP Negeri Gorontalo.
Uno, Hamzah B. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Usman, Moh. Uzer. 1997. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v2i1.7856
Refbacks
- There are currently no refbacks.