METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Syari Ibrahim, Yeyen Maryani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk  mendapatkan solusi terhadap permasalahan hasil belajar biologi siswa yang masih rendah. Subjek penelitian adalah  kelas XI IPA SMA Negeri 3 Pandeglang. Hasilbelajarbiologi siswa yang rendahmerupakan latar belakang dilakukannya penelitian ini. Metode PenelitianTindakanKelas (PTK)digunakan sebagai solusi dari permasalahan yang dihadapi. Tindakan dilakukan melalui tiga siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan.Pembelajaran menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Student Teams AchievementDivision dan mediaPower Point.Selama pelaksanaan penelitian berlangsung pengumpulan data menggunakan lembar observasi guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan instrumen hasil belajar siswa menggunakan perangkat tes pilihan ganda. Penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD berhasil meningkatkan motivasi dan aktifitas belajar siswa melalui kegiatan diskusi kelompok dan presentasi. Penggunaan Power Point mendorong  perhatian siswa dan mempermudah siswa memahami materi pelajaran. Kriteria keberhasilanadalah tercapainya ketuntasanbelajar siswa tidak kurang dari 85 % dengan nilai rata-rata tidak kurang dari  77. Setelah tiga siklus pelaksanaan tindakan ketuntasan belajar siswa 93,9 % dengan nilai rata-rata sebesar 84,8. Dengan demikianPenerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Division dan Penggunaan Power Pointdapatmencapaitujuan yang diharapkan, yaitumeningkatkanhasil belajar biologi siswa.

 

Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, power point, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zaenal. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Danim, Sudarwan. 2005. Menjadi Komunitas Pembelajar Kepemimpinan Transformasional dalam Komunitas Organisasi Pembelajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmawan, Deni. 2012. Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Eggen, Paul dan Don Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran : Mengajarkan Konsep dan Keterampilan Berpikir (Strategic and Models for Teachers: Teaching Content and Thinking Skill). Diterjemahkan oleh Satrio Wahono.Jakarta: Indeks Permata Puri Media.

Hamalik, Oemar. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Heryana. “Pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Power Point terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di kelas X SMAN 2 Rangkas Bitung Kabupaten Lebak”. (Tesis Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Serang, 2012).

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning (Metode, Teknik, struktur dan Model Penerapan). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Inayatin, Atin. 2012. “Pemanfaatan Media Bahasa Flash Pada Bahasaan Substansi Hereditas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMAN 4 Pandeglang”. (Tesis Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Joyce, Bruce., Weil, Marshal., Calhoun, Emily. 2011. Models Teaching: Model-Model Pengajaran (Models of Teaching). Terjemahan oleh Ahmad Fawaid dan Ateilla Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

M. Sobry,Sutikno. 2007. Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna. Mataram: NTP Press.

Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2013. Buku Pedoman Penulisan Tesis Edisi 2.

Pupuh Fathurrohman dan M.Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Islami. Bandung: Refika Aditama.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman., Kurniawan, Deni.,Riyana C. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Telekomunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Predana Media Group.

-------------------. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Predana Group.

Saminanto. 2010. Ayo Praktik PTK : Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Rasail Media Group.

Seel, Barbara.B dan Rita C. Richey. Teknologi Pembelajaran Definisi dan Kawasannya. ( Instructional Technology: The Definition and Domain of the Field). Diterjemahkan oleh Yusuf hadi Miarso,dkk. Jakarta: Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta,

Silberman, Melvin L. 2012. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. (Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject). Diterjemahkan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Penerbit Nuansa.

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. (Cooperative Learning: theory, research and practice). Diterjemahkan oleh Narulita Yusron. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Suarna, Nana. 2006. Pedoman Praktikum Microsoft Office. Bandung: CV. Yrama Widya.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susanty, Evi. Pengaruh Strategi pembelajaran Kooperatif dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol.13 No. 3. Program Pascasarjana Unversitas Negeri Jakarta (3 Desember 2011): 173.

Sutarman. 2012. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif : Konsep, Landasan, dan Implementasi Kurikulum Tiangkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v2i1.7858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.