PENGARUH PENGGUNAAN POWERPOINT DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :(1) mengetahui perbedan penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan Powerpoint dan pembelajaran konvensional (2) mengetahui pengaruh perbedaan motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah dalam pembelajaran menggunakan powerpoint dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksprimen dengan menggunakan desain factorial 2x2 . Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang merupakan mahasiswa semester VI Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, yang diambil secara acak Proportionate random sampling. Waktu penelitian dilakukan pada bulan februari sampai dengan juni 2014 analisa hipotesis menggunakan ANAVA dua jalur yang diketahui bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar akuntansi antara mahasiswa yang belajar dengan menggunakan media pembelajaran powerpoint dengan mahasiswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional (Fhitung 97,257 > Ftabel 7,40; sig<0,01); (2) terdapat perbedaan hasil belajar akuntansi mahasiswa dengan motivasi belajar tinggi dan rendah (Fhitung 10,829 >Ftabel 7,40; sig <0,01); (3) terdapat pengaruh interaksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar mahasiswa terhadap hasil belajar akuntansi (Fhitung 12,712 >Ftabel 7,40; sig <0,01).
Kata kunci: Metode Powerpoint, Motivasi, dan Hasil Belajar Akuntansi
Full Text:
PDFReferences
Anitah, Sri. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Arsyad. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Cristie, S. 2012. 425 Tips Persentasi Memikat. Jakarta: Gramedia.
Daryanto, 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: Publisher.
Djaali dan Pudji Muljono. 2012. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan-Google Buku.htm//booksgeogle.co.id/books?id. (diakses tanggal 3 November 2012.
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Hamalik Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartono. 2011. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Kegunungapian (Vulkanis). Tesis SPS UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
(http://id.scribd.com/doc/47585730/Pengertian-Power-Point, diunduh 06-04-2014).
(http:Vidiakusumablogspot.com/2012/03/pengertian-power-point.html, diunduh 06-04-2013).
http://pengertianakuntansimenurut10paraahli.blogspot.com/ 24 April 2014. Pengertian Akuntansi Menurut Beberapa Ahli.
Lantjo. 2006. Pengantar Akuntansi Keuangan I. Jakarta: Mardi Mulya.
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Pura, Rahman. 2013. Pengantar Akuntansi I. Jakarta: Erlangga.
Robert A.Bartsch and Kristi M. Cobern. 2003. “Effectiveness of Power Point Presentations in Lectures.” Computer and Education. 41, 77-79.
Sadeli, Lili M. 2010. Dasar-Dasar Akuntansi. Jakarta: Bumi Aksara
Saiful Bahri. 2011. Pengaruh Penerapan Multi Media Interaktif Terhadap Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Materi Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Tesis SPS UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Sani, A. Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motovasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Setiawan, Temy. 2012. Mahir Akuntansi. Jakarta: Buana Ilmu Populer.
Silberman, Melvin L. 2010. Active Learning: 101 Cara Belajar Aktif. (Aktive Learning: 101 Strategies to Teach any Subject). Diterjemahkan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Penerbit Nuansa.
Smaldiono, Sharon dkk. 2011. Instructional Technology and Media For Learning (Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto. 2008. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka Cipta.
St. Aisya Haulussy. 2011. Pengaruh Pemanfaatan Media Langsung dengan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Sejarah. Tesis SPS UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Sudjana, Nana dan Akhmad Rivai. 2001. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algasindo.
Suryabrata, Sumardi. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Warsono dan Haryanto. 2012. Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wibowo, Abubakar. 2004. Dasar - Dasar Akuntansi
Yusuf, Haryono. 2001. Dasar- Dasar Akuntansi. Yogyakarta: STIE YKPN
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v2i1.7860
Refbacks
- There are currently no refbacks.