PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Umdawiyah Umdawiyah, Aceng Hasani, Nurmayulis Nurmayulis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah terdapat perbedaan variabel Y (keterampilan berpikir kritis) antara perlakuan A1 (kelas eksperimen) dan A2 (kelas kontrol). Mengetahui dan menganalisis pengaruh interaksi antara variabel kelas perlakuan (A) dan variabel moderator kelompok perlakuan (B) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Mengetahui dan menganalisis perbedaan variabel Y (keterampilan berpikir kritis siswa) pada perlakuan kelompok di kelas eksperimen (A1 B1) dan perlakuan kelompok di kelas kontrol (A2 B2). Mengetahui dan menganalisis perbedaan variabel Y (keterampilan berpikir kritis siswa) pada perlakuan kelompok di kelas eksperimen ( A1 B2) dan perlakuan kelompok di kelas kontrol (A2 B2). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan disain Treatment by level 2 x 2. Objek dari penelitian ini siswa-siswi SD Negeri Bhayangkari Kota Serang. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa setelah adanya perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan penguasaan konsep IPA pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, kelas eksperimen lebih tinggi keterampilan berpikir kritisnya dibanding dengan kelas kontrol.

 

Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Penguasaan Konsep IPA, dan Keterampilan Berpikir Kritis.


Full Text:

PDF

References


Akdon. 2008. Aplikasi Statiska dan Metode Penelitian unuk Administrasi dan Manajemen. Badung: Dewa Ruchi.

Akinoglu. O. dan Tandogen. R.O. 2007. The Effect of Problem-Based Active Learning in Science Education on Student.” Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3, 1, 71-81.

Amir, M.T. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memperdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana.

Arends R. L. 2008. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Buku kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimyati, Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Galagher, S. dan Stepien, W. 1997. “Problem Based Learning: As Authentic as it Gets”. Educational Leadership, 50, 7, 25-8.

Karno To. 2003. Mengenal Analisis Tes. Pengantar ke Program Komputer. Anates: Edisi ke-2. Bandung: UPI.

Kuswana, Sunaryo, W. 2011. Taksonomi Berpikir. Bandung: Rosda.

Mulyasa, E. 2008. Menjadi Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.