PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BAHAN SISWA

Rosita Rosita, Chussaery Rusdi Syarif, Luluk Asmawati

Abstract


Tujuan utama dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar Seni Budaya Keterampilan dan kreativitas siswa melalui pemanfaatan bahan sisa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Sukasari 4 Kota Tangerang. Lokasi penelitian ini adalah SDN Sukasari 4 Kelas 4 Kota Tangerang. Waktu penelitian dari tanggal 17 Oktober sampai 17 November 2013. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini penulis menemukan peningkatan kreativitas siswa siklus I 56,40 evaluasi kategori cukup, siklus II 63,28 (12,19%) kategori baik, siklus III 68,13  (7,66%) kategori baik. Kesimpulan : 1. Pemilihan sumber belajar bahan sisa harus aman bagi kesehatan siswa dengan kriteria : tidak mengandung toxin/racun, tidak berbau, tidak berubah warna, tidak berbahaya. 2. Sebelum pembelajaran SBK guru membuat RPP agar tujuan pembelajaran tercapai sebayak 6 pertemuan. 3. Pembelajaran SBK pada penelitian ini siklus I mengahasilkan produk seperti pengki, siklus II tempat tisu, siklus III anyaman alas piring. 4. Pemanfaatan sumber belajar bahan sisa dapat meningkatkan hasil belajar SBK dan kreativitas siswa di SDN Sukasari 4 Kota Tangerang.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Kreativitas, Pemanfaatan Sumber Belajar Bahan Sisa


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Creswell, John W. 2009. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatonah, Ati Novianti. 2010. Hidup Dalam Kreativitas. Jakarta: Talenta Pustaka Indonesia.

Hasbullah. 2011. Pemanfaatan Sumber Belajar Bahan Bekas untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Seni Rupa Tiga Dimensi di Kelas IV SDN Tanara 2 Tahun 2011. Bandung: Tesis

Mulyasa, 2013. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Remaja Rosda Karya

Munandar, Utami. 1999. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia.

Munandar, Utami. 2012. Mengembangkan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Smaldino, Sharon E & Lowther, Deborah L. 2011. Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

http://id.shvoong.com/business-management/human-resources/2197108 pengertian-keterampilan-dan-jenisnya/#ixzz2eYzi57kx” diakses pada hari selasa tanggal 10 September 2013”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.