PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Mulyana Mulyana, Asnawi Syarbini, Luluk Asmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan siswa  yang belajar menggunakan model ekspositori SDN Bitungjaya I  Cikupa, (2) Perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan siswa yang memiliki kreativitas rendah  SDN Bitungjaya I Cikupa, (3) Pengaruh interaksi  antara penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dan kreativitas terhadap hasil belajar IPA  di SDN Bitungjaya I Cikupa, (4) Perbedaan Hasil Belajar IPA antara kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan berkreativitas tinggi, dengan kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori dan berkreativitas tinggi di SDN Bitungjaya I Cikupa, (5) Perbedaan Hasil Belajar IPA antara kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan berkreativitas rendah dengan kelompok siswa yang menggunakan  model pembelajaran ekspositori dan berkreativitas rendah di SDN Bitungjaya I Cikupa.Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan siswa  yang belajar menggunakan model ekspositori Fhitung (10.208) > Ftabel (2,15), terdapat erbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan siswa yang memiliki kreativitas rendah Fhitung (21.908) > Ftabel (2,15), terdapat pengaruh interaksi  antara penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dan kreativitas terhadap hasil belajar IPA Fhitung (18.265) > Ftabel (2,15), terdapat perbedaan Hasil Belajar IPA antara kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan berkreativitas tinggi, dengan kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori dan berkreativitas tinggi Fhitung (12.776) > Ftabel (3,18),  terdapat Perbedaan Hasil Belajar IPA antara kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan berkreativitas rendah dengan kelompok siswa yang menggunakan  model pembelajaran ekspositori dan berkreativitas rendah Fhitung (12.776) < Ftabel (3,18). Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terbukti efektif meningkatkan hasil belajar IPA.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kreativitas, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Amir, M. Taufiq.2010, Inovasi Pendidikan Melalui problem Based Learning Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan, Jakarta.

Bleetlestone, (2011). Creative Learning: Strategi Pembelajaran untuk Melesatkan Kreatifitas Siswa (Creative Children, Imaginative Teaching) di terjemahkan oleh Yusron,N.Bandung: Nusa Media.

Depdiknas, 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penelitian.Dirjen.Dikdasmen.

Fujianti Nurbanillah, 2011. Ilmu Penetahuan Alam. CV. Tursina.

Hamalik, 2010. Proses Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.

Jufri, Wahab. (2013). Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Munandar, Utami. 2009 . Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat Jakarta, Rineka Cipta.

Nursisto. (2000). Kiat Menggali KreativitasYogyakarta . Mitra Gama Widya.

Rachmawati, Y & Kurniati,E. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada AnakJakarta, kencana .

Riyanto, Yatim, 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Roziqin, Muhammad Zainur. 2007. Moral Pendidikan di Era Global; Pergeseran Pola Interkasi Guru-Murid di Era Global. Malang: Averroes Press.

Rusman, 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. . Jakarta.PT.Rajakrafindo.

Rusmono, 2014. Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning itu Perlu. Ghalia Indonesia.

Sagala, Saiful. 2012. Konsep dan Manajemen Pembelajaran. Bandung Alfabeta.

Semiawan, C R. (2009). Kreativitas Kebebakatan, Jakarta: PT indeks.

Sudjana,2010. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.

Seto. 2004. Bermain dan Kreativitas. Jakarta:Papas Sinar Sinanti.

Slameto, 2003. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. PT Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.