PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD BERBASIS KONSTEKTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Lilis Nasriah, Sholeh Hidayat, Asnawi Syarbini

Abstract


Penelitian ini dirancang dalam 3 siklus.Siklus 1 membahas tentang materi kegiatan konsumsi barang dan jasa.Siklus II membahas tentang kegiatan produksi barang dan jasa, serta pada siklus III membahas materi tentang kegiatan distribusi barang dan jasa, Akhir pelaksanaan siklus 1.siklus II dan siklus III diadakan tes akhir setelah pelaksanaan tindakan. Tes ini dilaksanakan dalam rangka untuk melihat peningkatan prestasi belajar siswa, Sedangkan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif model STAD dilihat melalui lembar observasi.Berdasarkan hasil tes pada setiap akhir siklus, pembelajaran materi kegiatan pokok ekonomi dengan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, Hal tersebut ditunjukkan pada siklus 1 rata-rata kelasnya adalah 56,2 pada siklus II rata-rata kelasnya adalah 56,4 dan pada siklus III rata-rata kelasnya adalah 59,3.

Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa yang dilakukan setiap siklus persentase rata-rata  aktivitas belajar kelas dalam pembelajaran kooperatif model STAD menunjukkan peningkatan yang cukup baik. persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 82,1 % dan meningkat pada siklus 11 menjadi sebesar 83,5%, serta pada siklus III meningkat menjadi 91 %.

 

Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Model STAD, Prestasi Belajar, Aktivitas Belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2001, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara ...........,.,..,,2002.Prosedur Penelilian, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Degeng, 1990.Desain Pembelajaran: Teori ke Terapan, Jakarta Balai Pustaka.Depdiknas, 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.

Djamarah, Syaiful, Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional.

Ghasali, S. 2004. Desain Pembelajaran. Malang: LP3 UM.

Hassard. Jack. 1992. Mind On Secience Middle And Secondary School Methods. New York: Georgia State University.

Hidayati, N. 2005.Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD (Student Teams Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologj Pada Siswa Kemala Bhayangkari 3 Porong Sidoarjo.Skripsi tidak diterbitkan, Malang : FMIPA Universitas Negeri Malang.

Husna, Z. 2004. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model STAD Berbasis Kontekstital Untuk Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Biologi Siswa Kelas 2 F SMPN 1 Purwosari Kabupalen Pasuruan. Skripsi tidak diterbitkan, Malang : FMIPA Universitas Negeri Malang.

Indayani, Nurul. 2002. Perbedaan Prestasi Belajar Barisan Dan Dcret Antara Siswa Yang Diajar yang Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Model STAD Dengan Menggunakan Metode Ekspositori i SMU Panggul Kelas 1 Cawu 3. Skripsi tidak diterbitkan :Malang : Program Sarjana.

Khuluq, M. 2004. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar BiologiSiswa Kelas II A SMP Negeri 2 Beji Pasuruan. Skripsi tidak diterbitkan.Malang ; FMIPA Universitas Negeri Malang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.