PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Muhaemin Muhaemin, Asnawi Syarbini, Fatah Sulaeman

Abstract


Dalam interaksi proses pembelajaran di sekolah, terutama dalam pelajaran IPA masih banyak menggunakan model pebelajaran yang bersifat tradisional, dimana guru semuanya berpusat pada guru, sehingga pembelajaran berkesan monoton. Maka dari itu harus adanya variasia dalam mencipakan model pembelajaran di kelas, agar siswa tidak jenuh dan yang paling penting agar proses pembelajaran semakin aktif, sehingga materi yang diajarkan mudah diserap oleh siswa. Penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan siswa yang mendapatkan pengetahuannya dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisiondisbanding dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran ceramah. Disamping model pembelajaran factor internal juga sangat penting dalam proses pembelajaran, agar materi ajar terserap dengan baik, salah satu factor internal adalah minat siswa, maka penelitian ini juga untuk mengetahui perbedaan antara siswa yang berminat tinggi dan siswa yang berminat rendah, ketika dibelakukanya model pebelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisiondan model pembelajaran ceramah. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Parodot Kecamatan Jawilan Kabupaten Serang pada siswa kelas V dengan jumlah sampel 40 siswa. Metode yang digunakan adalah dengan  cara penelitian eksperimen dengan menganalisis data melalui program excel dan SPSS. 20.00.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division, model pembelajaran ceramah, minat siswa.


Full Text:

PDF

References


Abdulah, Suyoso.1998. Pengembangan Pendidikan IPA SD. Jakarta : Dirjen dikti.

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Anas Sudijono. 2006. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta : PT. Raja

Anita Lie.2008. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia.

Arsyad, Azhar.2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Budiyono,Budi Usodo &Yemi Kuswardi.2012.Model, Media dan Evaluasi Pembelajaran Matematika.Surakarta:UNS.

Dalyono . 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta Departemen Pendidikan Nasional.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik. Jakarta: RinekaCipta.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah. 2008. Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Haryanto. 2004. Sains untuk Sekolah Dasar Kelas V. Jakarta: Erlangga.

Hayinah, Masalah Belajar, Malang: DepDikbud IKIP Negri Malang, 1992.

Jacques Delors. 2002 Learning: The Treasure Within, The Report to UNESCO. Jakarta: Grasindo.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik : Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Mudjiono & Dimyati 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Muhammad Ali 2010. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru.

Mulyasa.H.E. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Murni, Wahid dkk. 2010. Keterampilan Dasar Mengajar. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Nur Asma. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Robert Slavin. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Ruhadi, 2008. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Salah Satu Alternatif Dalam Mengajarkan Sains IPA Yang Menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu : FKIP USM Banda Aceh.

Rusman.2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionaisme Guru. Jakarta:Rajawali Pers.

Saifudin Azwar. 1997. Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Slamet. 1990. Pondasi Pendidikan Kejuruan. Lembaran Perkuliahan. Yogyakarta: Pascasarjana IKIP Yogyakarta.

Sri Wening. 1996. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar. Yogyakarta: FPTK IKIP Yogyakarta.

Sudjana 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Sugihartono dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Suhaenah Suparno, 2001. Membangun Kompetensi Belajar. Yogyakarta.

Sukamto. 1995. Panduan Penelitian Eksperimen.Yogyakarta : IKIP Yogyakarta.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sunarto. 2009. Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Listrik Dinamis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (Stad) Tersedia di ( http://disikpora-boyolali.info). Diakses 25 Maret 2012.

Suparman, Atwi. 2014. Desain Instruksional Modern. Jakarta : Erlangga.

Suryobroto. 1986. Metode Pengajaran di Sekolah dan Pendekatan Baru dalam Proses Belajar-mengajar. Yogyakarta” Amarta Buku.

Tengku Zahara Djaafar. 2001. Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar.Jakarta : Universitas Negeri Padang.

Tim Penyusun. 2014. Buku Pedoman Penulisan Tesis Edisi 2. Serang: Pasasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Winkel, W.S. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v2i2.7866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.