PENGARUH MEDIA MIND MAP DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Ika Evitasari Aris, Luluk Asmawati, Hidayatullah Hidayatullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar IPA antara pembelajaran menggunakan mind map dan pembelajaran menggunakan gambar, (2) perbedaan hasil belajar IPA antara siswa dengan kreativitas tinggi dan siswa dengan kreativitas rendah, (3) pengaruh interaksi antara mind map dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar IPA, (4) perbedaan hasil belajar IPA antara penggunaan mind map ­dan kreativitas tinggi dengan menggunakan gambardan kreativitas tinggi, (5) perbedaan hasil belajar IPA antara penggunaan mind map ­dan kreativitas rendah dengan menggunakan gambar dan kreativitas rendah, (6) perbedaan hasil belajar IPA antara penggunaan mind map ­dan kreativitas tinggi dengan menggunakan mind map dan kreativitas rendah, (7) perbedaan hasil belajar IPA antara penggunaan gambar ­dan kreativitas tinggi dengan menggunakan gambardan kreativitas rendah. Populasipenelitianyaituseluruhsiswakelas VII MTs NF SabrangPetirtahunajaran 2014/2015 dengansampelpenelitiankelas VII.A dan VII.B yang diambilsecararandom sampling.Hasil penelitian menunjukkan terdapat  perbedaan hasil belajar IPA antara pembelajaran menggunakan mind map dan pembelajaran menggunakan gambar Fhitung (9,999) > Ftabel (2,15), terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa dengan kreativitas tinggi dan siswa dengan kreativitas rendah Fhitung (4,150) > Ftabel (2,15), terdapat pengaruh interaksi antara mind map dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar IPA Fhitung (5,834) > Ftabel (2,15), terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara penggunaan mind map ­dan kreativitas tinggi dengan menggunakan gambardan kreativitas tinggi Fhitung (12,776) > Ftabel (3,18), terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara penggunaan mind map ­dan kreativitas rendah dengan menggunakan gambar dan kreativitas rendah Fhitung (3,930) < Ftabel (3,18), terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara penggunaan mind map ­dan kreativitas tinggi dengan menggunakan mind map dan kreativitas rendah Fhitung (8,209) > Ftabel (3,18), tidak terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara penggunaan gambar ­dan kreativitas tinggi dengan menggunakan gambardan kreativitas rendah Fhitung (0,593) < Ftabel (3,18). Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media mind map terbukti efektif meningkatkan hasil belajar IPA dan kemampuan siswa dalam mengembangkan gagasan dan ide-ide baru dalam proses pembelajaran.

 

Kata kunci: Mind map, kreativitas, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W & D. R. Krathwohl. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Arifin, Z. 2009. Evaluasi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar evaluasi pendidikan (Edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Baker, M. 1999. Relationships Between Critical And Creative Thinking. Florida: Texas Tech University.

Beetlestone, F. Creative Learning: Strategi Pembelajaran untuk Melesatkan Kreatifgitas Siswa (Creative Children, Imaginative Teaching), diterjemahkan oleh Yusron, N. Bandung: Nusa Media. 2011.

Buzan, T. 2007. Buku Pintar Mind Map untuk Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka.

_______. 2008. Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Campbell, et. all. Biologi, Edisi kelima Jilid 3 (Biology, Fifth Edition), diterjemahkan oleh Manalu, W. Jakarta: Erlangga. 2004.

DePorter, B & Hernacki. M.Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan (Quantum Learning: Unleashing the Genius In You), diterjemahkan oleh Alwiyah, A. Bandung: Kaifa. 2011.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Gardner,H. Frames of Mind; The theory of multiple intelligences, diterjemahkanoleh Alexander Sindoro. Batam: Interaksa. 2002.

Hamalik, O. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hardini&Puspitasari. (2012). StrategiPembelajaranTerpadu. Yogyakarta: Familia.

Hillar, S.P. 2012. Mind Mapping with FreeMind. Birmingham: Packt Publishing Ltd.

Jusup, A.V. “PengaruhMetode Pembelajaran dan Kreativitas tTerhadap Hasil Belajar Siswa di SMA 7 PSKD Depok, “Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta” (Juli- Desember2014): 37-48.

Krasnic, T. 2010. Concise learning : learn more & score higher in less time with less effort. p. cm. Includes bibliographical references and index. LCCN 2009913939.

Miftachurrochmah, D. Penerapan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 2013: 1-6.

Munandar, U. 2009. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta Grasindo.

Musfiqon.2012. Pengembangan Media dan SumberPembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Mustami, M. Khalifah. “Pengaruh Model Pembelajaran Synctics dipadu Mind Maps terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif, Sikap Kreatif, dan Penguasaan Materi Biologi”. Lentera Pendidikan. 2007: 173-184.

Noviyanti, F. “Pengaruh Penggunaan Mind Map terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Sistem Reproduksi di SMPN 1 Anyar”. 2012: 65-78.

OED. 2014. Books, Buildings, and Learning Outcomes. Washington: The World Bank.

Purwanto, N. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja rosdakarya.

__________. 2011. Prinsip-prinsip dan Tekhnik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rachmawati, L. “Pengaruh Kreativitas siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Sub Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jalancagak Subang”. 2012: 1-12.

Rachmawati, Y & Kurniati,E. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak. Jakarta: Kencana.

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru- Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.

_______. 2012. Dasar-dasar statistika. Bandung: Alfabeta.

Rustaman, N. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: IKIP Malang.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada.

Silberman, M. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject., diterjemahkan oleh Sarjuli, et. al Yogyakarta: Pustaka Insan Madani. 2007.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Smaldino, S.E et. all. Edisi Kesembilan Instructional Technology & Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar (Instructional Technology & Media for Learning Pearson Education, Inc) diterjemahkan olehRahman, A. Jakarta: Prenada Media Gruoup. 2012.

Sonjaya, R. 2013. Pengaruh Teknik Mind Mapping dan Berpikir Kreatif terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskriptif Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Serang. Tesis.Universitas Sultan AgengTirtayasa.

Sudijono, A. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar baru Algensindo.

_________. 2015. Media Pengajaran. Bandung: SinarBaruAlgensindo.

_________. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Km, dkk. “Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri di Desa Tukadmungga Kecamatan Buleleng”. 2013: 1-12.

Syarif, M. 2010. Ekosistem untuk Guru. Jakarta: PPPPTK IPA

Wahid murni, Mustikawan. A & Ridho. A . 2010. Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Letera.

Wahyuningsih, D. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Mind Maps terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Karanganyar”. JurnalPendidikanBiologi. 2011: 1-8.

Wena, M. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Yoga, D. Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Mind Map. 2009: 1-16

Yudhawati, R & Haryanto, D. 2011. Teori-teori dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.