PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI KREATIVITAS DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Tujuan dari penelitian iniuntuk meningkatkan kreativitas siswa dan hasil belajar siswa serta sesuai dengan tujuan pembelajaran yakni siswa mampu memahami konsep alat indera dan fungsinya denganmenggunakanmodel pembelajaran Problem Based Learning (PBL)dankreativitas.Untuk mencapai tujuan diatas, maka peneliti melaksanakan penelitian dengan jenis kualitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Taggart, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes serta catatan dilapangan, serta menggunakan tiga siklus yang diantarannya siklus I, siklus II, dan siklus III.Hasil penelitian menunjukan, bahwa peningkatan hasil belajar siswa dalam konsep alat indera manusia pada pembelajaran IPA dari siklus I, 59,19; siklus II, 70,04; siklus III, 85,21. Atau mengalami peningkatan prosentase siklus I ke siklus II (18,33%), dan siklus II ke siklus III (21,65%) dan nilai rata-rata kreativitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)dankreativitas pada tahap siklus I ke siklus II (23,86%); sedangakan siklus II ke siklus III (56,02%).
Kata kunci: Hasil Belajar, Kreativitas, Problem Based Learning (PBL)
Full Text:
PDFReferences
Amir, Taufiq. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Model Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar Di Era Pengetahuan. Jakarta: Prenada Media Group.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2006. Kurikulum KTSP.SD dan MI. Jakarta: Depdiknas.
Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Fithrotinnazidah, Elyk. 2010. Pengoptimalan Hasil Belajar Siswa pada Materi Alat Indera Manusia dengan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah di SD Muhamadiyah 4 Surabaya. Proceedings of 5th Olycon (National Olympiad and International Conference). Malang, Indonesia. Feb. 6, 2010.
Flerence Beetlestone. 2011. Creative Learning (Strategi Pembelajaran Untuk Melestarikan Kreativitas Siswa).Bandung: Nusa Media.
Grafura, Lubis & Wijayanti, Ari. 2011. Permainan Edukatif untuk Pembelajaran Atraktif.Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Hamzah, B. Uno. 2010. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara.
Heruman. 2010. Model Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Indrarti, Wahyu. 2008. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar Komputer Siswa. Journal Teknologi Pendidikan Vol. 10 No. 3 Desember 2008.
Majid Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran.Bandung: Rineka Cipta. Remaja Rosdakarya
Mikarsa L.H.. (2007). “Strategi Belajar Mengajar”, Jakarta, Universitas Terbuka (UT).
Muhibin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekaatan Baru.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat.Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sagitasari, Dewi, A. 2010. Hubungan Kreativitas dan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar IPA Siswa SMP. Skripsi UNY: tidak diterbitkan.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suciati, dkk. 2005. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka (UT).
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sudjana Nana,. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Taniredja, dkk. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Yatim Riyanto. 2009. Pradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yusnandar, E. dan Hj. Nur’aini. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Di SD, Serang UPI.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v1i1.7892
Refbacks
- There are currently no refbacks.