PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Ratu Farichah Sururi, Aceng Hasani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media komik dan gaya belajar terhadap hasil belajar pemahaman makna bacaan teks naratif bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan desain faktorial 2 x 2. Penelitian ini dilakukan di  SMA Negeri 4 Pandeglang pada semester 2 tahun ajaran 2013/2014 dengan sampel 52 orang siswa yang dipilih secara acak, dengan 26 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket langsung kepada sampel, tes perlakuan atau perbuatan, dan tes tertulis berbentuk uraian. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran komik dan audio terhadap hasil belajar pemahaman makna bacaan teks naratif bahasa Inggris dengan hasil Fhitungsebesar 6,089 >Ftabel 4,08. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar field independent dan field depedent terhadap hasil belajar pemahaman makna bacaan teks naratif bahasa Inggris dengan hasil Fhitungsebesar 19,465 >Ftabel 4,08. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan interaks iantara media komik dan gaya belajar terhadap hasil belajar pemahaman makna bacaan teks naratif bahasa Inggris dengan hasil Fhitungsebesar 5,374 > Ftabel 4,08.

 

Kata kunci: Media Komik, Gaya Belajar dan Hasil Belajar Pemahaman Makna Bacaan Teks Naratif Bahasa Inggris.


Full Text:

PDF

References


Arifin dkk. 2012. Teori dan Kajian Wacana Bahasa Indonesia. Tanggerang: Pustaka mandiri.

Arifin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Buku Panduan Penulisan Tesis Edisi 2. 2013. Serang: Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Brown, Douglas H. 2007. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. California: Pearson Education, Inc.

Brown & Frederick. 2003. Principles of Educational and Psychological Testing. New York: Holt Rinehart and Wiston Inc.

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Djaali. 2008. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

DePorter, B., dan Reardon, M., dan Nourie, S. (2000) Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Dunn, R. 1992. Teaching Elementary Students Through Their Individual Learning Style: Practical Approaches for Grade 3-6. USA: Allyn & Bacon.

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hosnan. 2013. Kamus Profesional Guru. Jakarta: Yudhistira.

Lukman, Adi. 2005. Kamus Besar Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Miarso, Yusufhadi. 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Pardiyono. 2012. Sure You Can EFKIA. Yogyakarta: Andi.

Pateda, Mansoer. 2010. Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan. 2013. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfa Beta.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. 2012. Media Pembelajaran komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sasongko, G. Setiawan. 2013. Panen Duit Dari Kartun, Komik, Ilustrasi. Klaten: Pustaka Wasilah.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: Wahana Prima.

Smaldino, Lowther. 2012. Instructional Technology & Media For Learning: Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfa Beta.

Sujipto dkk. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Logos.

Tarigan, Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trimo. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Uno, Hamzah. 2010. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

http://www.e-jurnal.com/2013/03/field-independent and field-dependent.html, Diakses 29 April 2014.

http://belajarpsikologi.blogspot.com/2013/01/gaya-belajar.html, Diakses 29 April 2014.

http://[email protected]/2013/04/karakteristik-gaya-belajar.html, Diakses 29 April 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v1i2.7902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.