MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Diny Hendrawati, Luluk Asmawati, Chussaery Rusdi Syarif

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dan berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi pokok bahasan pencemaran air di kelas X SMAN 2 Pandeglang tahun pelajaran 2013-2014. Jumlah subjek penelitian adalah 40 siswa dengan teknik pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling, metode penelitian yang digunakan adalah Quasi-Experiment, dengan rancangan desain faktorial 2x2. Analisis data hasil penelitian menggunakan ANAVA 2x2, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) terdapat perbedaan rata-rata skor hasil belajar Biologi siswa yang belajar dengan model pembelajaran berasis masalah dan siswa yang belajar dengan model Think Pair and Share dengan nilai Fhitung = 7,16; 2) terdapat perbedaan rata-rata skor hasil belajar Biologi siswa antara berpikir kreatif tinggi dan rendah nilai Fhitung = 4,24; dan 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan berpikir kreatif secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar nilai Fhitung = 89,62, dengan nilai Ftabel pada taraf signifikansi α = 0,05 adalah 4,11. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran berbasis masalah dan berpikir kreatif terhadap hasil belajar Biologi siswa tentang pencemaran air di kelas X SMAN 2 Pandeglang.

 

Kata-kata kunci: model pembelajaran berbasis masalah, berpikir kreatif, Biologi, pencemaran air


Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh. Buku Dua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arifin, Zainal. 2012. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum: Konsep, Teori, Prinsip, Prosedur, Pendekatan, Model, Evaluasi dan Inovasi. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Aryulina, dkk. 2006. Biologi 1 SMA dan MA untuk Kelas X. Jakarta: EsisErlangga.

Boud, D. dan Felleti, G.I. 1997 The Challenge of Problem Based Learning. London: Kopapage.

Campbell, dkk. 2004. Biologi. Edisi kelima Jilid 3. Jakarta: Erlangga.

Daryanto, dkk. 2013. Pengantar Pendidikan Lingkungan Hidup.Yogyakarta: Gaya Media.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Furqon. 2009. Statistika Terapan untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. 2012. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Haryono. 2013. Pembelajaran IPA yang Menarik dan Mengasyikkan: Teori dan Aplikasi PAIKEM Agar Pembelajaran Lebih Bermakna. Yogyakarta: Kepel Press.

Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Kuswana, Wowo S. 2013. Taksonomi Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikan Cooperative Learning di Runag-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Melati, Ratna R. 2012. Kamus Biologi. Jakarta:Aksarra Sinergi Media.

Ngalimun, dkk. 2013. Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurhayati, N. 2013. Pencemaran Lingkungan. Bandung: Yrama Widya.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi kedua. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan [KTSP]. Jakarta: Kencana.

Smaldino, Sharon E., et.al. 2011. Instructinal Technology and Media for Learning. Teknologi: Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Edisi kesembilan. Jakarta: Kencana.

Soemirat, J. 2011. Kesehatan Lingkungan. Revisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sudarma, Momon. 2013. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sukardi. 2013. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumantri, Arif. 2013. Kesehatan Lingkungan. Edisi revisi. Jakarta: Kencana.

Suparman, M. Atwi. 2004. Desain Instruksional. Cetakan Pertama. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v1i2.7904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.