PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR

Baehaki Baehaki, Aceng Hasani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran power point dan gaya belajar terhadap hasil belajar PKn di Kelas 8 SMPN 1 Pagedangan Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menjelaskan tentang perlunya memahami faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar serta memperhatikan faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui : 1) perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang menggunakan media power point  dengan menggunakan media gambar foto; 2) perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang bergaya belajar visual dengan gaya belajar auditori; 3) pengaruh interaksi antara media pembelajaran power point dan gaya belajar terhadap hasil belajar PKn; 4) perbedaan hasil belajar PKn antara gaya belajar visual menggunakan media power point dengan gaya belajar visual menggunakan media gambar foto; 5) perbedaan hasil belajar PKn antara gaya belajar auditori menggunakan media power point dengan gaya belajar auditori menggunakan media gambar foto;  6)  perbedaan hasil belajar PKn antara gaya belajar visual menggunakan media power point dengan gaya belajar auditori  menggunakan media power point,  7)  perbedaan hasil belajar PKn antara gaya belajar visual menggunakan media gambar foto dengan gaya belajar auditori menggunakan media gambar foto.

 

Kata kunci : Media Power Point, Gaya Belajar, Hasil Belajar Pendidikan PKn


Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2003, Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto. 2011, Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Belajar. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang RI Nomor 20, Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Balai Pustaka.

DePorter, Bobbi & Mike Hernacki. 2006, Quantum Learning. Edisi Terjemahan Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Mizan Pustaka.

Hamalik, Oemar. 2011, Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah B,Uno. 2010, Model Pembelajaran Menciptakan Proses belajar Mengajar yang Efektip, Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Hidayat, Sholeh. 2013, Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT. Rosdakarya.

Hujair AH. Sanaky. 2011. Media Pembelajaran Buku Pegangan Guru dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba.

KTSP. 2007, Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Konstekstual Panduan Bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Peker, M. And Mirasyedioglu, S. (2008). Pre-Service Elementary School Teachers’ Learning Styles and Attitudes To Wards Mathematics. Eurasian Journal of Mathematics, Science, and Echnology Education.

Purnomo, Catur Hadi. 2008, Trik Microsoft Office 2007. Jakarta: Mediakita.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2009, Teknologi Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v1i2.7905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.