Efektivitas model pembelajaran problem-based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika

Awaliyah Septiani, Hepsi Nindiasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan adalah siswa kelas 10 SMA Negeri 12 Kabupaten Tangerang tahun pelajaran 2021-2022  dengan sampelnya adalah kelas 10 Mipa 1 sebagai kelas eksperimen, yaitu kelas yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, dan kelas 10 Mipa 4 sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran biasa sesuai kurikulum K13. Materi dalam penelitian ini adalah sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain kuasi eksperimen (eksperimen semu). Teknik untuk mengumpulkan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi . Analisis data menggunakan independent sample t-test. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan pembelajaran Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis menggunakan uji-t dari nilai pre-test dan post-test pada masing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana rata-rata hasil pembelajaran matematika kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan rata-rata hasil pembelajaran matematika kelas kontrol.

Full Text:

PDF

References


Fitri, Diyah (2019).Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Kooperatif

Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Keas X IPA MAN 2 Model Medan T.P 2018-2019. Skripsi : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Hendriana, H. dan Soemarmo, U. (2019).”Penilaian Pembelajaran Matematika”. Cimahi :

Refika Aditama.

Lubis, Ashar. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Angkola. Diakses dari laman : http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu

Nasir, Muhammad. (2016).Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem

Based Learning) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pelajaran Matematika. Diakses dari laman : Jurnal Online - Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari (uniska-bjm.ac.id)

Noer, Sri Hastuti. (2018). Desain Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Nurfitriyanti, Maya. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jakarta : Universitas Indraprasta PGRI.

Rosmita, Anna, dkk. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) terhadap

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Diakses dari laman : http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu




DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v5i2.13489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta KM 4 Pakupatan Serang Banten, Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: tirtamath@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika