Pengaruh pendekatan problem solving terhadap kemampuan representasi dan literasi matematis siswa MTs

Lia Fauzatu Solikhah, Syamsuri Syamsuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis dan keterampilan literasi matematika yang dimiliki siswa ketika diberikan pengaruh pendekatan pemecahan masalah dalam proses pembelajaran. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan Rancangan Acak Kelompok Kontrol Posttest-Only. Dua kelas yang dipilih secara acak diberikan perlakuan dan pada tahap terakhir diberikan tes kemampuan representasi matematis dan keterampilan literasi matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Syekh Manshur semester genap tahun ajaran 2021/2022. Kemampuan representasi matematis dan literasi diukur dengan tes yang telah valid dan reliabel. Hasil analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% (= 0,05), disimpulkan bahwa pendekatan problem solving yang diterapkan pada pembelajaran matematika berpengaruh positif terhadap representasi dan kemampuan literasi siswa.


Full Text:

PDF

References


Ariyandika, N., Rohana, & Jayanti. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMP Negeri 3 Kota Tangerang. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(1), 16–30.

Atsnan, M. F., Gazali, R. Y., & Nareki, M. L. (2018). Pengaruh Pendekatan Problem Solving Terhadap Kemampuan Representasi dan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 135–146.

Fadillah, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(1), 1–8.

Greiff, S., Holt, D. V., & Funke, J. (2013). Perspectives on Problem Solving in Educational Assessment: Analytical, interactive, and Collaborative Problem Solving. The Journal of Problem Solving, 5(2), 71–91.

Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 279–285.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2015). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. Internasional Study Center Lynch School Education. Boston: Boston College.

Munawar, S., Yuhana, Y., & Santosa, C. A. H. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Survey Question Read Recite Review (SQ3R) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik SMA Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 2(2), 113–135.

National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principle and Standards for School Mathematics. United States of America: National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Ngedo, D. R., Prayitno, A., & Octavianti, C. T. (2020). Representasi dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII Materi Himpunan SMPK Wignya Mandala Tumpang. Pi: Mathematics Education Journal, 3(1), 38–46.

OECD. (2016). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing.

Prihasyto, M., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2019). Pendekatan Problem Centered Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 1(1), 16–34.

Riki Andriansyah, R., & Zanthy, L. S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan Problem Solving Pada Siswa SMK. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(4), 209–212.

Sholikin, N. W., Sujarwo, I., & Abdussakir, A. (2022). Penerapan Teori Belajar Bermakna untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Kelas X. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 386–396.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 1(2), 58–67.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v5i2.15234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta KM 4 Pakupatan Serang Banten, Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: tirtamath@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika