Problem based learning berpendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi vektor kelas XI SMA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Agustina, A., & Karimah, S. (2023). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. JIPMuktj: Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 4(2).
Anggelita, D. M., Mustaji, & Mariono, A. (2020). Pengaruh Keterampilan Kolaborasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik SMK. Educate, 5(2). https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3323.
Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Avianti, M. N., Setiani, A. R., Lestari, I., Septiawati, L., Lista, L., & Saefullah, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI melalui Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Jeumpa, 10(2), 231–239. https://doi.org/10.33059/jj.v10i2.7610.
Dewi, S. K., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2014). PENERAPAN MODEL POLYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MEMECAHKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).
Dwidarti, U., Lygia Mampouw, H., & Setyadi, D. (2019). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI HIMPUNAN. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika P-ISSN, 03(02), 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.
Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tarl Model PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(6). https://doi.org/10.5281/zenodo.8139269.
Mufangati, U. A., & Juarsa, O. (2018). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SOAL CERITA MATEMATIKA. TRIADIK, 17(1). https://doi.org/10.33369/triadik.v17i1.11113.
Nugroho, S., Siswanto, J., & Nuroso, H. (2023). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas 3 di SDN Plamongansari 02 Kota Semarang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7363.
Phungsuk, R., Viriyavejakul, C., & Ratanaolarn, T. (2017). Development of a problem-based learning model via a virtual learning environment. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(3), 297–306. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2017.01.001.
Risdianti, A., Wardani, B., & Ariyanto, L. (2023). Pendekatan TARL Model PBL dengan Corrective Feedback untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Kelas XI. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1448–1458.
Sam, H. N., & Qohar, Abd. (2016). Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah - Langkah Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 156. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.5188.
Sipahutar, C. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, DAN PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR XYZ JAKARTA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2). https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6322.
Sulistiani, E., & Masrukan. (2017). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 605-612. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/2155.
Surialin, Pomalato, S. W., & Machmud, T. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Materi Vektor Kelas X SMA Terpadu Wira Bhakti. Media Pendidikan Matematika, 9(2). https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4457.
Syahdan, U. A., Saleh, A. R., & Cece, A. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berkolaborasi Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran PBL Dengan Pendekatan TARL di kelas XI MIPA 2 di SMAN 9 Makassar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2). https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i2.621.
DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v6i2.25713
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Kampus FKIP Untirta Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42117, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika