Systematic Literatur Review: Pengaruh Worked-Example Terhadap Beban Kognitif Siswa

Rodiyatul Hafidhoh, Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa

Abstract


Pembelajaran matematika yang kompleks sering kali menyebabkan peningkatan beban kognitif bagi siswa, sehingga menghambat pemahaman dan penyimpanan informasi. Contoh-contoh yang dikerjakan merupakan pendekatan yang efektif untuk meminimalkan beban kognitif dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau dampak strategi contoh-contoh yang dikerjakan terhadap beban kognitif siswa menggunakan metode Tinjauan Literatur Sistematis (SLR). Studi ini mengumpulkan data dari 17 artikel ilmiah yang diterbitkan antara tahun 2017 dan 2024, dengan fokus pada 5 artikel yang terkait dengan beban kognitif, 5 artikel tentang contoh-contoh yang dikerjakan, dan 7 artikel tentang dampak contoh-contoh yang dikerjakan terhadap beban kognitif. Analisis tersebut melibatkan identifikasi, evaluasi, dan sintesis informasi yang komprehensif dari artikel-artikel tersebut. Hasil tinjauan literatur ini menunjukkan bahwa penerapan strategi contoh-contoh yang dikerjakan secara efektif mengurangi beban kognitif, khususnya beban ekstrinsik, dan membantu siswa memahami konsep matematika yang kompleks. Contoh-contoh yang dikerjakan juga membantu mengurangi beban kognitif intrinsik dengan memberikan contoh-contoh konkret dan langkah-langkah terstruktur. Selain itu, strategi ini telah terbukti meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan efisiensi kognitif siswa. Berdasarkan temuan-temuan ini, para pendidik didorong untuk mengadopsi strategi contoh-contoh yang dikerjakan dalam desain instruksional untuk mengelola beban kognitif siswa secara efektif, khususnya bagi pelajar pemula. Penggunaan strategi ini dapat meningkatkan prestasi akademik siswa dengan upaya mental yang lebih rendah dan mendukung pembelajaran yang lebih mendalam dan terintegrasi.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afidah, V. N. (2020). Prinsip- Prinsip Teori Beban Kognitif Dalam Merancang Media Pembelajaran Matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 1(2), 72–79. https://doi.org/10.29100/jp2m.v1i2.195

Anisa, R., & Endah Retnowati. (2024). Pengaruh metode integrated worked example terhadap kemampuan pemecahan masalah dan cognitive load. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 6(1), 14–26. https://doi.org/10.14421/jppm.2024.61.14-26

Azizah, N., Kuningan, S. M., & Rosyid, A. (2020). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Guided Discovery, Worked Example, dan Scientific Intan Noorfitriani STKIP Muhammadiyah Kuningan. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 159–169.

Barbara Kitchenham. (2014). Procedures for Performing Systematic Reviews. Keele University Technical Report, 33(2004), 1–26. https://www.researchgate.net/publication/228756057

Borahima, D. Q. P. M., & Endah Retnowati. (2023). Pengaruh Pendekatan Faded Example secara Kolaboratif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Cognitive Load. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 5(2), 104–118. https://doi.org/10.14421/jppm.2023.52.104-118

Dwi Puspa, R., Rahman As, A., & sukoriyanto. (2020). Beban Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Berorientasi Pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5, 1768–1776. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Eka, H., Handayani, P., & Nuraeni, Z. (2020). Validasi Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Kemampuan Pemahaman Matematis Dengan Pendekatan Worked Example. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 13–21.

Hidayah, L., Kusuma Ayu, I., & Sari Faradiba, S. (2017). Teori Beban Kogntif Dalam Kecemasan Matematika. JIPMat: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2, 105–109.

Intan, I. N., & Rosyid, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Worked Example. M A T H L I N E Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 26–36. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.127

Irwansyah, M. F., & Retnowati, E. (2019). Efektivitas worked example dengan strategi pengelompokan siswa ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan cognitive load. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 62–74. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21452

Larasati, I., Yusril, A. N., & Zukri, P. Al. (2021). Systematic Literature Review Analisis Metode Agile Dalam Pengembangan Aplikasi Mobile. Sistemasi, 10(2), 369. https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i2.1237

Muryanto, D. (2020). The Effectiveness of Worked Example Pairs on Learning the Solution Region of System of Linear Inequality in Two Variables. EDUMAT: Jurnal Edukasi Matematika, 70–78.

Ratnasari, G. (2023). Jurnal Didactical Mathematics Analisis Beban Kognitif dalam Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Didactical Mathematics, 5(2), 2023. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm

Richardo, R., & Cahdriyana, R. A. (2021). Strategi meminimalkan beban kognitif eksternal dalam pembelajaran matematika berdasarkan load cognitive theory. Humanika, 21(1), 17–32. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38228

Rohman, H. M. H., & Retnowati, E. (2018). How to teach geometry theorems using worked examples: A cognitive load theory perspective. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012104

Santosa, C. A. H. F., Rafianti, I., & Yulistiany, D. (2022). Worked-Example Method on Mathematical Problem-Solving Ability in term of Students’ Initial Ability. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 13(2), 210–220. https://doi.org/10.15294/kreano.v13i2.33301

Santosa, C. A. H. F., Suryadi, D., Prabawanto, S., & Syamsuri, S. (2018). The role of worked-example in enhancing students’ self-explanation and cognitive efficiency in calculus instruction. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 168–180. https://doi.org/10.21831/jrpm.v0i0.19602

Setiawan, T. B., Suharto, & Susanto, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning dengan Memperhatikan Beban Kognitif pada Materi Trigonometri Kelas X SMK. Kadikma, 7, 1–9.

Sholihah, D. A. (2022). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Cognitive Load Theory untuk Meminimalkan Extraneous Cognitive Load. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 13–23. https://doi.org/10.46918/equals.v5i1.1197

Tonra, W. S., Ishak, H., & Khairun, U. (2019). Pengurangan Beban Kognitif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sma. In Jurnal Numeracy (Vol. 6, Issue 1).




DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v7i1.27284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Kampus FKIP Untirta Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42117Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika