Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa MTs dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Disposisi Matematis

Hezmi Ulfania, Anggita Oktaviana Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa MTs dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari disposisi matematis. Penelitian ini dilakukan di MTs Al Ihsan Blambangan pada kelas VII dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket disposisi matematis, tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah siswa dengan disposisi matematis tinggi cenderung memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik daripada siswa yang berdisposisi sedang dan rendah. Hal ini dapat dibuktikan bahwa subjek dengan disposisi matematis tinggi memenuhi indikator pemecahan masalah menurut Polya, meliputi: memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melakukan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali. Subjek dengan disposisi sedang mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melakukan penyelesaian, namun belum mampu memeriksa kembali. Selanjutnya subjek dengan disposisi rendah hanya mampu dalam memahami masalah.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustina, Lady, & Supardi, L. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Segitiga Dan Segiempat.

Aini, N. N., & Mukhlis, M. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 105–128. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.105-128

Aprilianti, A., Sripatmi, S., Salsabila, N. H., & Kurniati, N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 24 Mataram Pada Materi Persamaan Garis Lurus Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1593–1599. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.820

Arie Firmansyah, M., & Lailatus Syarifah, L. (2023). Mathematical Problem Solving Ability In View Of Learning Styles. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 58–66.

Aurelyasari, S., & Rosita Dewi Nur, I. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(1), 16–23.

Azizah, D., & Fadlikah, V. (2023). Analysis Of Mathematical Problem-Solving Ability In View Of Mathematical Disposition. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 153–169. https://doi.org/10.31943/mathline.v8i1.298

Fairus, F., Fauzi, A., & Sitompul, P. (2023). Analisis Kemampuan Disposisi Matematis pada Pembelajaran Matematika Siswa SMKN 2 Langsa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2382–2390. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2549

Martha, C. W. S., Maimunah, M., & Roza, Y. (2022). Problem Solving Ability Of Junior High School Students In Solving Hots Questions. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 5(2), 138–144. https://doi.org/10.30598/jupitekvol5iss2pp138-144

Meilia Asmara, P., & Puspaningtyas, N. D. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(1), 7–19.

Mitasari, D., & Murtiyasa, B. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1759–1772. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2399

Noeruddin, A., Maghfiroh, F., Mujahidin, A., & PGRI Bojonegoro, I. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Tabung Ditinjau Dari Disposisi Mmatematis. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 10(1). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE

Nurhasanah, S., Nurcahyono, N. A., Mulyanti, Y., & Artikel, I. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Padegogik, 6, 99–108. https://doi.org/10.35974/jpd.v6i2.3156

Pangesti, A. T., & Soro, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Perbandingan Ditinjau Dari Disposisi Matematis. Cendekia, 05(02), 1769–1781.

Pertiwi, G. R., Mulyanti, Y., & Balkist, P. S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Dari Disposisi Matematis. IlmiahpendidikanMatematika.

Pratiwi, W. I., & Noviarni, N. (2022). Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Disposisi Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 8(1), 65. https://doi.org/10.24014/sjme.v8i1.14889

Rafiah, H., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Pgri Banjarmasin, S. (2020). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Memahami Konsep Matematika. ELEMENTA, 2(2), 335–343. https://doi.org/10.33654/pgsd

Razak, M., Hakim, F., & Ar, R. A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Disposisi Matematis. In Science, and Technology (J-HEST (Vol. 4). https://www.j-hest.web.id/index.php

Susanty, L., Rahmat, T., Fitri, H., & Kunci, K. (2023). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs). EDUSAINS : Journal of Education and Science, xx–xx. https://doi.org/10.57255/edusain.v1i1.246

Syadiah, S., Sylviana Zanthy, L., Siliwangi, I., & Terusan Jend Sudirman, J. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Segitiga Dan Segiempat. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/3070

Uuf Muflihatusubriyah, Rukmono Budi Utomo, & Nisvu Nanda Saputra. (2021). AnalisisKemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Disposisi Matematis. AlphaMath, 7.

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2). https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144

Zulkarnain, R., Kurniawan, A., Lisarani, V., Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak, S., & Raya, K. (2023). Fleksibilitas Kognitif dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Atas. JPMI, 8, 81–89.




DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v7i1.29924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Kampus FKIP Untirta Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42117Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika