Systematic Literature Review: The Utilization of Interactive Learning Media in Algebra Material for Junior High School Students
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alifah, H. N., Virgianti, U., Sarin, M. I. Z., Hasan, D. A., Fakhriyana, F., & Ismaya, E. A. (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3), 103–115.
Ambarwati, D. A., & Darmawan, P. (2024). Pemahaman Tentang Keberagaman Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Upaya Pemenuhan Target Kurikulum. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 4(7). https://doi.org/10.17977/um067.v4.i7.2024.5
Anarti, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Bermediakan Software Geogebra Terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Operasi Aljabar Kelas VII di SMPN 12 Langsa. JURNAL DIMENSI MATEMATIKA, 2(1), 25–30.
Angeline, R., Payadnya, I. P. A. A., & Wibawa, K. A. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall terhadap Hasil belajar Matematika pada Materi Aljabar Kelas VII SMP Kalam Kudus Bali Kabupaten Badung. Prosiding MAHASENDIKA III Tahun 2024, 2, 513–523.
Astuti, V. D., Muthmainnah, R. N., & Rosiyanti, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Pokamathh Pada Materi Aljabar Kelas Vii. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.1-10
Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis RME Materi Aljabar Kelas VII SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217. https://doi.org/10.31941/delta.v8i2.1039
Ekawati, & Saragih, M. J. (2018). Kesulitan Belajar Matematika Berkaitan dengan Konsep pada Topik Aljabar: Studi Kasus pada Siswa Kelas VII Sekolah ABC Lampung dengan Konsep pada Topik Aljabar: Studi Kasus pada Siswa Kelas VII Sekolah ABC Lampung. Polygot: A Journal of Language, Literature, Culture, and Education, 14(1), 53–64.
El Hilali, H., Hasanah, N., & Widia Asiani, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Aljabar Model Game Interaktif Berbasis Powerpoint Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Batanghari. JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology), 6(2), 75–86. https://doi.org/10.30631/jemst.v6i2.126
Fadilah, S. R., & Effendi, K. N. S. (2023). Analisis Kebutuhan LKPD Interaktif Pada Materi Aljabar SMP Selama Pembelajaran Daring. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(1), 41. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.7208
Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 149–166. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.194
Fajriyati, R., & Elniati, S. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Pada Materi Aljabar Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 11(1), 150–155.
Fitrianna, Yu. A., Priatna, N., & Dahlan, J. A. (2021). Pengembangan Model E-Book Interaktif Berbasis Pembelajaran Induktif untuk Melatihkan Kemampuan Penalaran Aljabar Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1562–1577.
Harianti, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Hasil Belajar Siswa Materi Aljabar Kelas VII SMP. MUST : Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 82–91.
Larasati, I, Q., Cahyaningtyas, A., Mangzila, A., Agus Firawati, A., Munirotul Yuanita, S., & Lesmana, I. (2020). The Role and Function of Teachers in Improving Effective Learning in Classes. 381(CoEMA), 13–17. https://doi.org/10.2991/coema-19.2019.4
Laila, A. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 1–6.
Maulida. (2024). Manfaat Aljabar dalam Kehidupan Sehari-hari yang Jarang Diketahui. IAINBUKITTINGGI.AC.ID.
Mukhtar, R. U., Maimunah, M., & Yuanita, P. (2022). Pengembangan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 873–886. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1094
Noerhasmalina, Astuti, R., & Safitri, A. (2024). Media pembelajaran Almath Game Berbasis Powerpoint Pada Materi Bentuk Aljabar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(2), 610–619. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i2.6889
Nursalam, Kusnanto, Has Eka Mishbahatul, M., Yusuf, A., Kurniawati, N. D., Sukartini, T., Efendi, F., & Kusumaningrum, T. (2020). Pedoman Penyusunan Skripsi - Literature Dan Tesis - Systematic Review. In Fakultas Keperawatan Unair.
Patriot Azmi, A., Sukmawati, R. A., & Wiranda, N. (2022). Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran bilangan pecahan dengan metode drill and practice pada kelas VII SMP/MTS. Computer Science Education Journal (CSEJ), 2(1), 1–6.
Prayitno, A. T., Taufik, A., & Muawanah, P. P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Prisma, 11(2), 291. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2140
Sarji, N. A., & Mampouw, H. L. (2022). Media Petualangan Aljabar Berbasis Permainan Edukasi untuk Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 425–434. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.733
Siswanto. (2010). Systematic Review Sebagai Metode Penelitian Untuk Mensintasis Hasil-Hasil Penelitian (Sebuah Pengantar) (Systematic Review as a Research Method to Synthesize Research Results (An Introduction)). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4), 326–333.
Tuljannah, L., & Khabibah, S. (2021). Pengembangan e-book Interaktif pada Materi Bentuk Aljabar untuk Siswa SMP. MATHEdunesa, 10(2), 330–338. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n2.p330-338
Wahyuni, D. Q., & Ananda, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 859–872. https://doi.org/10.36513/sigma.v7i2.1405
Yulianisa, A., & Sudihartinih, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Aljabar Berbasis Aplikasi Scratch. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 153–167. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v10i2.pp142-156
DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v7i1.30115
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Kampus FKIP Untirta Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42117, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika