Systematic Literature Review: The Utilization of Interactive Learning Media in Algebra Material for Junior High School Students

Okti Della Anggraini, Mohamat Rizal Prasetio, Alfiatul Mudawamah, Dina Fakhriyana

Abstract


Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi di dunia pendidikan, penggunaan media pembelajaran semakin mendesak dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk mengungkap sejauh mana media pembelajaran interaktif dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan pemahaman konsep aljabar siswa SMP. Melalui pendekatan kajian pustaka sistematis, peneliti menganalisis 15 artikel terkait selama 10 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran interaktif berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep aljabar. Dari berbagai penelitian, jelas terlihat bahwa media pembelajaran interaktif dapat membuat siswa lebih bersemangat dalam belajar, seperti belajar lebih giat, dan nilai ujiannya pun ikut meningkat. Beberapa contoh media pembelajaran interaktif yang umum digunakan untuk mempelajari aljabar antara lain E-Book, LKPD, Android, Game Edukasi, Geogebra, dll. Selain itu, peneliti juga mengidentifikasi berbagai model pengembangan media pembelajaran interaktif yang dapat disesuaikan dengan kemampuan dan metode belajar siswa serta materi pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Alifah, H. N., Virgianti, U., Sarin, M. I. Z., Hasan, D. A., Fakhriyana, F., & Ismaya, E. A. (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3), 103–115.

Ambarwati, D. A., & Darmawan, P. (2024). Pemahaman Tentang Keberagaman Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Upaya Pemenuhan Target Kurikulum. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 4(7). https://doi.org/10.17977/um067.v4.i7.2024.5

Anarti, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Bermediakan Software Geogebra Terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Operasi Aljabar Kelas VII di SMPN 12 Langsa. JURNAL DIMENSI MATEMATIKA, 2(1), 25–30.

Angeline, R., Payadnya, I. P. A. A., & Wibawa, K. A. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall terhadap Hasil belajar Matematika pada Materi Aljabar Kelas VII SMP Kalam Kudus Bali Kabupaten Badung. Prosiding MAHASENDIKA III Tahun 2024, 2, 513–523.

Astuti, V. D., Muthmainnah, R. N., & Rosiyanti, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Pokamathh Pada Materi Aljabar Kelas Vii. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.1-10

Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis RME Materi Aljabar Kelas VII SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217. https://doi.org/10.31941/delta.v8i2.1039

Ekawati, & Saragih, M. J. (2018). Kesulitan Belajar Matematika Berkaitan dengan Konsep pada Topik Aljabar: Studi Kasus pada Siswa Kelas VII Sekolah ABC Lampung dengan Konsep pada Topik Aljabar: Studi Kasus pada Siswa Kelas VII Sekolah ABC Lampung. Polygot: A Journal of Language, Literature, Culture, and Education, 14(1), 53–64.

El Hilali, H., Hasanah, N., & Widia Asiani, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Aljabar Model Game Interaktif Berbasis Powerpoint Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Batanghari. JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology), 6(2), 75–86. https://doi.org/10.30631/jemst.v6i2.126

Fadilah, S. R., & Effendi, K. N. S. (2023). Analisis Kebutuhan LKPD Interaktif Pada Materi Aljabar SMP Selama Pembelajaran Daring. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(1), 41. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.7208

Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 149–166. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.194

Fajriyati, R., & Elniati, S. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Pada Materi Aljabar Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 11(1), 150–155.

Fitrianna, Yu. A., Priatna, N., & Dahlan, J. A. (2021). Pengembangan Model E-Book Interaktif Berbasis Pembelajaran Induktif untuk Melatihkan Kemampuan Penalaran Aljabar Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1562–1577.

Harianti, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Hasil Belajar Siswa Materi Aljabar Kelas VII SMP. MUST : Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 82–91.

Larasati, I, Q., Cahyaningtyas, A., Mangzila, A., Agus Firawati, A., Munirotul Yuanita, S., & Lesmana, I. (2020). The Role and Function of Teachers in Improving Effective Learning in Classes. 381(CoEMA), 13–17. https://doi.org/10.2991/coema-19.2019.4

Laila, A. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 1–6.

Maulida. (2024). Manfaat Aljabar dalam Kehidupan Sehari-hari yang Jarang Diketahui. IAINBUKITTINGGI.AC.ID.

Mukhtar, R. U., Maimunah, M., & Yuanita, P. (2022). Pengembangan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 873–886. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1094

Noerhasmalina, Astuti, R., & Safitri, A. (2024). Media pembelajaran Almath Game Berbasis Powerpoint Pada Materi Bentuk Aljabar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(2), 610–619. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i2.6889

Nursalam, Kusnanto, Has Eka Mishbahatul, M., Yusuf, A., Kurniawati, N. D., Sukartini, T., Efendi, F., & Kusumaningrum, T. (2020). Pedoman Penyusunan Skripsi - Literature Dan Tesis - Systematic Review. In Fakultas Keperawatan Unair.

Patriot Azmi, A., Sukmawati, R. A., & Wiranda, N. (2022). Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran bilangan pecahan dengan metode drill and practice pada kelas VII SMP/MTS. Computer Science Education Journal (CSEJ), 2(1), 1–6.

Prayitno, A. T., Taufik, A., & Muawanah, P. P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Prisma, 11(2), 291. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2140

Sarji, N. A., & Mampouw, H. L. (2022). Media Petualangan Aljabar Berbasis Permainan Edukasi untuk Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 425–434. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.733

Siswanto. (2010). Systematic Review Sebagai Metode Penelitian Untuk Mensintasis Hasil-Hasil Penelitian (Sebuah Pengantar) (Systematic Review as a Research Method to Synthesize Research Results (An Introduction)). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4), 326–333.

Tuljannah, L., & Khabibah, S. (2021). Pengembangan e-book Interaktif pada Materi Bentuk Aljabar untuk Siswa SMP. MATHEdunesa, 10(2), 330–338. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n2.p330-338

Wahyuni, D. Q., & Ananda, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 859–872. https://doi.org/10.36513/sigma.v7i2.1405

Yulianisa, A., & Sudihartinih, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Aljabar Berbasis Aplikasi Scratch. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 153–167. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v10i2.pp142-156




DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v7i1.30115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Kampus FKIP Untirta Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42117Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika