Tren dalam Meningkatkan Reasoning dan Sense-Making Matematika melalui Pembelajaran Bermakna: Analisis Bibliometrik dengan VOSviewer
Abstract
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Agbata, B. C., Kwabi, P. A., Abraham, S., Okpako, S. O., Arivi, S. S., & K, A. G. W. (2024). Everyday Use of Mathematics and the Roles of a Mathematics Teacher. 19(3), 819–827. https://osf.io/zd8n7/download
Agusta, E. S. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. 2(2), 145–165.
Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan penalaran Matematis: Systematic Lierature Review. 8(2), 61–75.
Battista, M. T. (2016). Mathematical Reasoning and Sense Making 1 Why Focus on Reasoning and Sense Making? National Council of Teachers of Mathematics, 1–22.
Fitriyah, Y., & Dasari, D. (2023). Analisis Bibliometrik: Tren Realistic Mathematics Education dalam Pembelajaran Matematika di Indonesia (2012-2023). Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 469–481. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.3914
Gazali Yuliana, R. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190.
Karim, A. (2022). Analisis Bibliometrik Menggunakan Vosviewer Terhadap Trend Riset Matematika Terapan Di Google Scholar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(2), 23–33. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i2.22264
Kholil, M., & Zulviani, S. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 151–168.
https://doi.org/10.31537/laplace.v2i2.246
Lubis, S. N., Syafitri, E., & Syahlan, S. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Perbandingan Senilai Dan Berbalik Nilai. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 10(1), 50–60. https://doi.org/10.36987/jpms.v10i1.5512
Mukuka, A., Balimuttajjo, S., & Mutarutinya, V. (2023). Teacher efforts towards the development of students’ mathematical reasoning skills. Heliyon, 9(4), e14789. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e14789
Munawaroh, I. (2021). Modul Pendidikan Profesi Guru. Modul1. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Modul Belajar Mandiri, 45–64.
Noor, N. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Materi Segitiga melalui Pendekatan Saintifik Terintegrasi Model Problem Solving. Prosiding Seminar Nasional …, 52–58. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/391
Nurhasanah, S., Jayadi, A., Sa’diyah, R., & Syafrimen. (2019). Strategi Pembelajaran. In A. Sophe, Rainy (Ed.), Edu Pustaka (Issue April). Edu Pustaka.
Olteanu, C. (2022). Programming, mathematical reasoning and sense-making. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 53(8), 2046–2064. https://doi.org/10.1080/0020739X.2020.1858199
Pahmi, S. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mathematical Reasoning dalam Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Menggunakan Discovery Learning. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 32–40. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.28
Parida, Nusantara, T., & Abadyo. (2020). Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Program Linear. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 4(2), 1–11. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm
Purwati, N. K. R. (2023). Belajar Matematika Sebagai Aktivitas Bermakna. Prosiding Senama PGRI, 2, 44–49.
Quintasari, D., Budayasa, I. K., & Sulaiman, R. (2021). Profil Penalaran Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. MATHEdunesa, 10(3), 490–496. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n3.p490-496
Saodah, N., Mastur, Z., & Suyitno, A. (2024). Analisis kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar melalui model pembelajaran CORE. Tirtamath: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 6(1), 15. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v6i1.24508
Sari, I. P., Supriyadi, E., & Suryadi, D. (2024). Analisis bibliometrik dari penelitian desain didaktis di sekolah dasar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(6), 2149–2162. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i6.17234
Sari, R. A., Zulfah, & Astuti. (2022). Analisis Bibliometrik Terhadap Ksmampuan Penalaran Matematis. 3(2), 119–124.
Sidiq, M. (2019). Panduan Analisis Bibliometrik Sederhana. J. Artic, June. https://www.researchgate.net/profile/Muhaemin-Sidiq/amp
Simanungkalit, R. H., Suyitno, H., Dwijanto, D., & Isnarto, I. (2023). Trend pembelajaran matematika sekolah. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Semarang, c, 1093–1095. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/2272
Tampubolon, J., Atiqah, N., & Panjaitan, U. I. (2019). Pentingnya Konsep Dasar Matematika pada Kehidupan Sehari-Hari Dalam Masyarakat. Program Studi Matematika Universitas Negeri Medan, 2(3), 1–10. https://osf.io/zd8n7/download
Trisnawati, E., Ardani, A., Sains, F., & Peradaban, U. (2024). Analisis Bibliometrik : Tren Penelitian Project Based Learning pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Tahun 2020-2022. 2, 49–60.
Waritsman, A., & Hariyanti, R. A. M. (2022). Analisis Bibliometrik : Tren Penelitian terhadap Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Pelatihan Guru. 449–459.
DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v7i1.30284
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Kampus FKIP Untirta Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42117, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika