Tren dalam Meningkatkan Reasoning dan Sense-Making Matematika melalui Pembelajaran Bermakna: Analisis Bibliometrik dengan VOSviewer

Meita Rehania, Zahwa Aufar Rosyida, Syahrul Mubaarok, Wiwin Astuti

Abstract


Pendidikan matematika di era modern berfokus pada pengembangan kemampuan reasoning dan sense-making, yang merupakan dua elemen kognitif penting dalam pemecahan masalah matematika. Dengan penerapan pembelajaran bermakna diharapkan tujuan dari pengembangan tersebut tercapai dengan melihat tren global guna melihat pendekatan matematika yang cocok untuk pengembangan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode analisis bibliometrik Dengan bantuan perangkat lunak Harzing’s Publish or Perish (PoP). Kemudian dianalisis menggunakan VOSviewers. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terdapat 50 artikel yang memiliki tema terkait meningkatkan kemampuan reasoning dan sense-making matematika melalui pembelajaran bermakna. dengan rentang publikasi tahun 2020-2024. Diperoleh 37 artikel yang sudah melalui penyaringan. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan beberapa hal berikut: (1) tren publikasi terkait tema cenderung mengalami penurunan dari tahun 2020 menuju 2021 sedangkan untuk Tahun 2022 mengalami peningkatan dan pada tahun 2023 turun kembali hingga tahun 2024; (2) Topik penelitian lebih banyak terkonsentrasi tiga aspek yaitu pembelajaran, model, dan student; (3) Topik yang berpotensi untuk dilakukan penelitian lebih lanjut terkait analisis kemampuan guru maupun siswa, dan pendekatan khusus guna meningkatkan kemampuan reasoning dan sense-making matematika. Selanjutnya pendekatan realistik dan saintifik juga efektif untuk meningkatkan reasoning dan sense-making siswa dalam pembelajaran matematika.   

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agbata, B. C., Kwabi, P. A., Abraham, S., Okpako, S. O., Arivi, S. S., & K, A. G. W. (2024). Everyday Use of Mathematics and the Roles of a Mathematics Teacher. 19(3), 819–827. https://osf.io/zd8n7/download

Agusta, E. S. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. 2(2), 145–165.

Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan penalaran Matematis: Systematic Lierature Review. 8(2), 61–75.

Battista, M. T. (2016). Mathematical Reasoning and Sense Making 1 Why Focus on Reasoning and Sense Making? National Council of Teachers of Mathematics, 1–22.

Fitriyah, Y., & Dasari, D. (2023). Analisis Bibliometrik: Tren Realistic Mathematics Education dalam Pembelajaran Matematika di Indonesia (2012-2023). Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 469–481. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.3914

Gazali Yuliana, R. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190.

Karim, A. (2022). Analisis Bibliometrik Menggunakan Vosviewer Terhadap Trend Riset Matematika Terapan Di Google Scholar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(2), 23–33. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i2.22264

Kholil, M., & Zulviani, S. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 151–168.

https://doi.org/10.31537/laplace.v2i2.246

Lubis, S. N., Syafitri, E., & Syahlan, S. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Perbandingan Senilai Dan Berbalik Nilai. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 10(1), 50–60. https://doi.org/10.36987/jpms.v10i1.5512

Mukuka, A., Balimuttajjo, S., & Mutarutinya, V. (2023). Teacher efforts towards the development of students’ mathematical reasoning skills. Heliyon, 9(4), e14789. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e14789

Munawaroh, I. (2021). Modul Pendidikan Profesi Guru. Modul1. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Modul Belajar Mandiri, 45–64.

Noor, N. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Materi Segitiga melalui Pendekatan Saintifik Terintegrasi Model Problem Solving. Prosiding Seminar Nasional …, 52–58. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/391

Nurhasanah, S., Jayadi, A., Sa’diyah, R., & Syafrimen. (2019). Strategi Pembelajaran. In A. Sophe, Rainy (Ed.), Edu Pustaka (Issue April). Edu Pustaka.

Olteanu, C. (2022). Programming, mathematical reasoning and sense-making. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 53(8), 2046–2064. https://doi.org/10.1080/0020739X.2020.1858199

Pahmi, S. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mathematical Reasoning dalam Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Menggunakan Discovery Learning. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 32–40. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.28

Parida, Nusantara, T., & Abadyo. (2020). Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Program Linear. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 4(2), 1–11. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm

Purwati, N. K. R. (2023). Belajar Matematika Sebagai Aktivitas Bermakna. Prosiding Senama PGRI, 2, 44–49.

Quintasari, D., Budayasa, I. K., & Sulaiman, R. (2021). Profil Penalaran Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. MATHEdunesa, 10(3), 490–496. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n3.p490-496

Saodah, N., Mastur, Z., & Suyitno, A. (2024). Analisis kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar melalui model pembelajaran CORE. Tirtamath: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 6(1), 15. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v6i1.24508

Sari, I. P., Supriyadi, E., & Suryadi, D. (2024). Analisis bibliometrik dari penelitian desain didaktis di sekolah dasar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(6), 2149–2162. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i6.17234

Sari, R. A., Zulfah, & Astuti. (2022). Analisis Bibliometrik Terhadap Ksmampuan Penalaran Matematis. 3(2), 119–124.

Sidiq, M. (2019). Panduan Analisis Bibliometrik Sederhana. J. Artic, June. https://www.researchgate.net/profile/Muhaemin-Sidiq/amp

Simanungkalit, R. H., Suyitno, H., Dwijanto, D., & Isnarto, I. (2023). Trend pembelajaran matematika sekolah. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Semarang, c, 1093–1095. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/2272

Tampubolon, J., Atiqah, N., & Panjaitan, U. I. (2019). Pentingnya Konsep Dasar Matematika pada Kehidupan Sehari-Hari Dalam Masyarakat. Program Studi Matematika Universitas Negeri Medan, 2(3), 1–10. https://osf.io/zd8n7/download

Trisnawati, E., Ardani, A., Sains, F., & Peradaban, U. (2024). Analisis Bibliometrik : Tren Penelitian Project Based Learning pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Tahun 2020-2022. 2, 49–60.

Waritsman, A., & Hariyanti, R. A. M. (2022). Analisis Bibliometrik : Tren Penelitian terhadap Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Pelatihan Guru. 449–459.




DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v7i1.30284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Kampus FKIP Untirta Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42117Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika