Efektivitas Problem Based Learning Berbantuan LKPD Interaktif terhadap Berpikir Logis Matematis Siswa
Abstract
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abdullah, & Munawwaroh, F. (2024). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Educatio, 10(1), 155–162. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6313
Anggraini, P. D., & Pramudita, D. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Belajar Matematika melalui Penerapan Pendekatan Problem Solving. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19386
Arib, M. F., Rahayu, M. S., Sidorj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Experimental Research Dalam Penelitian Pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5497–5511. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/8468
Assmarqandi, P., Hayati, L., & Hapipi, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa pada Materi Program Linier. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 163–175. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.43
Astuti. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Kelas Ii Sd. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 16–21. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i1.239
Damanik, A. S., & Handayani, R. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 149–157. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.596
Fauzan, G. A., Agina, S., & Setiawan, W. (2020). Analisis Kemampuan dan Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Berpikir Logis Matematik Siswa SMP dengan Penggunaan Geogebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 53–63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.169
Hermansyah, T. S., Zukhrufurrohmah, & Masfufah, T. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(9), 49–54. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2093%0Ahttps://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2093/1631
Husnaidah, M., Hrp, M. S., & Syofiah, K. (2024). Konsep dasar matematika fondasi untuk berpikir logis. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(12), 41–47.
Hutagaol, A. T. B., Jamilah, & Muchtadi. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 11(1), 1–4. https://doi.org/10.31571/saintek.v13i2.7734
Irawan. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantu Aplikasi Pixellab Matematis Dan Berpikir Kreatif Siswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung.
Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193
Lami’ah, S., Nurhasanah, & Nurwahidah. (2025). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berbasis HOTS pada Mata Pelaaran IPAS Kelas IV. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 7(1), 206–214. https://doi.org/10.29303/jcar.v7i1.10618
Muqtafia, A. C., Kurniawati, A. I., Amanda, F. M., & Setiawaty, R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dan Cara Mengatasinya Pada Siswa Sekolah Dasar : Tinjauan Literature Review. Seminar Nasional Lppm Ummat, 1(0), 296–309. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96
Muslimin, R. R., Usman, S., & Rama, B. (2024). Strategi Pembelajaran Langsung ( Konvensional ). Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 468–474.
Nu’man, M. A., Nursyahidah, F., Fatonah, & Artharina, F. P. (2024). PENGARUH MODEL PBL BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SD MUHAMMAD. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 4(3), 183–192.
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96
Putri, J. H., Diva, D. F., Dalimunthe, N. F., & Prasiska, M. (2024). Miskonsepsi dalam Pembelajaran Matematika : Sebuah Tinjauan Literatur terhadap Penelitian-Penelitian Terbaru. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(3), 580–589. https://doi.org/https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i3.749
Utami, Y. (2025). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa SD. DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 17–21. https://doi.org/https://doi.org/10.56842/dikmat.v6i01.507
Wulandari, L., & Fatmahanik, U. (2020). Kemampuan Berpikir Logis Matematis Materi Pecahan pada Siswa Berkemampuan Awal Tinggi. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 43–57. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.312
DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v7i1.32573
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Kampus FKIP Untirta Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42117, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika