PENDEKATAN PROBLEM CENTERED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Marisa Prihasyto, Hepsi Nindiasari, Syamsuri Syamsuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan problem centered learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kemandirian belajar siswa  ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment. Subjek dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan analisis gaya belajar pada siswa kelas X SMAN 5 Cilegon. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pendekatan problem centered learning lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan Pendekatan Saintifik, 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis pada kelompok siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi daripada siswa yang memiliki gaya belajar auditory dan kinestetik, 3) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pendekatan problem centered learning lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan Pendekatan Saintifik ditinjau dari gaya belajar, 4) Terdapat interaksi pendekatan pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, 5) Kemandirian belajar siswa yang menggunakan pendekatan problem centered learning lebih tinggi dari pada siswa belajar menggunakan Pendekatan Saintifik, 6) Kemandirian belajar pada kelompok siswa  yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki gaya belajar auditory dan kinestetik, 7) Kemandirian belajar siswa yang belajar dengan pendekatan problem centered learning lebih tinggi dari pada siswa yang belajar menggunakan pendekatan saintifik ditinjau dari gaya belajar, 8) Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemandirian belajar siswa SMA.

Full Text:

PDF

References


Amir faisal dan zulfanah. (2008). Menyiapkan Anak Jadi Juara. Jakarta: Kompas Gramedia.

Arikunto. suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astutik, P. P. (2013). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter PPK dan Higer Order Thinking Skills (HOTS) Dalam Pembelajaran Tematik SD.

Boekaerts, M., Pintrich., & Zeidner, M. (2000). Self-regulation an introductory overview. Dalam Boekaerts, M., Pintrich, P., & Zeidner, M. Handbook of self- regulation. San Diego, CA: Academic Press. Borich,.

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA.

Dahar. (1989). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

De Porter, Bobbi dan Hernacki, mik. (2001). Quantum Learning. Diterjemahkan oleh Alwiyah Adurrahman. Bandung: Kaifa PT. Mizan Pustaka.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewanti, S. . (2009). Perpaduan PCL dan pelatihan metakognitif dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. [Online]. Diakses dari pdf.

Djamarah. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Asdimaha Satya. Jakarta.

Gani. (2007). Pengaruh Pembelajaran Metode Inkuiri Model Alberta terhadap Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi. UPI: Tidak diterbitkan.

Herman, H. (2001). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Malang.

Imamah Nur Deztyra, dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Operasi Hitung Bentuk Aljabar Kelas VIIA Semester Ganjil di SMP Negeri 14 Jember Tahun Ajaran 2013/2014.

Knowles, M. (1989). Self Directed Learning. Chicago : Follet Publishing Company.

Machmud. (2013). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pendekatan problem centered learning disertai scaffolding. Jurnal KNPM V, Himpunan Matematik Indonesia.

Merriam, S.B., Caffarella, R.S., & Baumgartner, L. . (1999). Learning in adulthood: a comprehensive guide . San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.

Mocker, D.W and Spear, G. . (1984). Lifelong Learning: Formal, Non- formal, Informal and Self-directed, Columbus, Ohio: ERIC.

Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nia Mentari, Hepsi Nindiasari, A. S. P. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Berdasarkan Gaya Belajar.

Polya, G. (1973). How to Solve It (2nd Ed). Princeton: Princeton University Press.

Radhya Yusri. (2017). Pengaruh Pendekatan Problem Centered Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, III(2).

Ramlah, R., Firmansyah, D., & Zubair, H. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Majalah Ilmiah SOLUSI, 1(03). Suharna.

Rostina, S. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika.

Ruseffendi E.T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Penerbit Tarsito.

Saad, N.S & Ghani, S. . (2008). Teaching Mathematics In Secondary Schools: Theories And Practices. Perak: Universiti Pendidikan Sultan Idris.

Schunk, D.H dan Zimmerman, B.(1998). Self-Regulated Learning: From Teaching to Self-Reflective Practice. New York: Guilford Press.

Shoimin. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta :Ar- ruzz media.

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugihartono dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.

Sumarmo Utari, H. H. (2014). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya.Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA-UPI.

Sutikno, S. (2014). Metode dan Model-model Pembelajaran. :Mataram : Holistica.

Widjajanti Bondan Djamilah. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika : Apa dan Bagaimana Mengembangkannya, 1–11.

Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi, 12–19.

Zamnah, L. N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pendekatan Problem Centered learning dengan hands-on activity, (August 2013).




DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v1i1.6884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta KM 4 Pakupatan Serang Banten, Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: tirtamath@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika