PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI TAHAP PERKEMBANGAN KOGNITIF MELALUI PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING

Retno Uti Indriati, Hepsi Nindiasari, Maman Fathurrohmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi penerapan pembelajaran probing-prompting terhadap kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah ditinjau dari level tahap perkembangan kognitif siswa SMA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA yang belajar dengan model probing-prompting lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran saintifik, 2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis pada kelompok siswa yang memiliki tahap perkembangan kognitif formal lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki tahap perkembangan kognitif transisi dan konkret, 3) Tidak ada interaksi model pembelajaran dan tahap perkembangan kognitif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA, 4) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA yang belajar dengan model probing-prompting lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran saintifik, 5) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada kelompok siswa yang memiliki tahap perkembangan kognitif formal lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki tahap perkembangan kognitif transisi dan konkret. 6) Tidak ada interaksi model pembelajaran dan tahap perkembangan kognitif terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mayasari Y, dkk. (2014). Penerapan Teknik Probing-Prompting Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang. Pendidikan Matematika, 3(1), 56–61.

National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Executive Summary, Principles and Standards for School Mathematics. Diakses dari laman web tanggal 9 maret 2018 dari: www.nctm.org/uploadedFiles/Math_Standards/12752_exec_pssm.pdf .

Rahmawati. (2016). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII Semester II SMP Muhammadiyah 4 Sambi Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016 Menggunkan Model Pembelajaran Problem Solving dan Creative Problem Solving. Muhammadiyah Surakarta.

Rahmazatullaili, D. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model project based learning. Tadtris Matematiika, 10(2), 166–183.

Rosada, A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Berbasis Pendekatan Sintifik Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Aritmatika Sosial Kelas VII SMP N 9 Muaro Jambi. Universitas Jambi.

Ruseffendi. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito

Shoimin, A. (2016). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-uzz Media.

Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Surabaya: PT Remaja Rosdakarya.

Sumarmo, U. (2014). Pengembangan Hard Skill dan Soft Skill Matematik bagi Guru dan Siswa untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Diakses dari laman web tanggal 16 mei 2018 dari: http://www.utarisumarmo@dosen.stkipsiliwangi.pdf.

Usmiati A, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Efficacy Siswa SMK Sentosa Buay Madang. In Prosiding Seminar Nasional (hal. 508–514). Palembang.




DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v1i1.6885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta KM 4 Pakupatan Serang Banten, Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: tirtamath@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika