STUDI ANALISIS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS PRAKTIK KEWARGANEGARAAN DIGITAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS LITERASI DIGITAL WARGA NEGARA DI PROVINSI BANTEN

Damanhuri Damanhuri, Ronni Juwandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan tinggi, terutama yang berkaitan dengan inovasi pembelajaran digital yang dilakukan terhadap mahasiswa selama proses pembelajaran,  kendala yang dihadapi, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut. Praktek pembelajaran digital ini merupakan studi analisis yang digunakan dalam mengukur efektifiktas dan hasil yang terihat dalam peningkatan kualitas literasi digital warga negara dalam memanfaatkan akses media online dalam proses pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi literatur. Analisis data menggunkan Model Interaktif dari Miles dan Huberman. Pemeriksaan dan pengecekan keabsahan data menggunakan Uji Kredibilitas dengan teknik triangulasi. Berdasarkan data lapangan dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran menggunakan Learning Management System(LMS) ditemukan ada peningkatan pemahaman materi dan konten pembelajaran dalam rangka meningkatkan kualitas literasi digital mahasiswa terutama dalam mengakses sumber referensi dalam pembelajaran Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan

Full Text:

PDF

References


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), 2017, Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia, Jakarta: Teknopreuner Indonesia

Feriansyah .(2015). Warganegara Digital sebagai Instrumen Warga negara Global. JPIS Vol. 24 No. 1 Edisi Juni 2015

Moleong, Lexy J 2012, Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosda Karya. Bandung.

------------------ 2017 Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Joseph Kahne, Jacqueline Ullman, dan Middaugh, Digital Opportunity for Civic Edcation dalam David E. Campbell, et.al (Ed.), Civic Count: Citzenship Education for a New Generation. Cambridge, England: Harvad Education Press 2012

Raharjo, Armawi, Armaidy & Soerjo, Djoko, 2017, ‘Penguatan Civic Literacy Dalam Pembentukan Warga negara Yang Baik (Good Citizen) Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Warga

negara Muda (Studi Tentang Peran Pemuda HMP PPKn Demokratia Pada Dusun Binaan Mutiara Ilmu Di Jebres, Surakarta, Jawa Tengah)’, Jurnal Ketahanan Nasional, vol. 23, no. 2, Agustus 2017, hh.175-198

Srijanti., Rahman, A., dkk 2009), Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi Mengembangkan Etika Berwarga negara. Salemba Empat. Jakarta

Sugiyono 2015, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung

------------. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung

Wahyu, M Harpani, T Diah. (2014). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas X dan XI Di SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Universitas Lambung Mangkurat

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah. Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v5i2.10509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats