MEMBANGUN KECAKAPAN WARGANEGARA MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI ERA ABAD 21

Supriyono Supriyono, Dadi M Nugraha, Abih Gumelar

Abstract


Pendidikan di era abad 21 menuntut peningkatan kualitas dan produktivitas manusia terdidik. Peran pendidikan harus dapat mempersiapkan warganegara yang memiliki multi kecakapan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kecakapan warganegara yang dapat dibangun melalui pendidikan Kewarganegaraan di abad 21. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari analisis ini yaitu terdapatnya 16 kecakapan warganegara yang dikategorikan kedalam tiga kategori besar yaitu kategori kemampuan literasi dasar (foundational literacies), kategori kompetensi (competencies), dan kategori kualitas karakter (character qualities). Kecakapan warganegara yang dibagun melalui Pendidikan kewarganegaran sebagai upaya mengadapi tantangan abad 21.

 

Kata kunci : kecakapan, pendidikan kewarganegaraan, abad 21


Full Text:

PDF

References


Azizah, A. (2017). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling naratif. Jurnal BK UNESA, 7(2).

Bakti Fatwa Anbiya. (2020). Filsafat Progresivisme dan Implikasinya terhadap Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai General Education di Indonesia. Civic Culture, 4(301–311).

Cogan, J. J. (1999). Developing the civic society: the role of civic education. Bandung: CICED.

Djahiri, K. (2006). Esensi Pendidikan Nilai Moral dan PKn di Era Globalisasi. Pendidikan Nilai Moral dalam Dimensi Pendidikan Kewarganegaraan, 3-13.

Budiningsih, C. A. (2004). Pembelajaran Moral. In Rineka Cipta.

Damanhuri, & Juwandi, R. (2020). Studi Analisis Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Praktik Kewarganegaraan Digital Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Literasi Digital Warga Negara Di Provinsi Banten. 5(2), 134–148.

Karim, A., Faiz, A., Parhan, M., Gumelar, A., Purwati, Kurniawaty, I., … Suanah, A. (2020). Managerial leadership in green living pharmacy activities for the development of students’ environmental care in elementary schools. Journal of Critical Reviews, 7(13), 714–719. https://doi.org/10.31838/jcr.07.13.125

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1).

Louk, M. J. H., Neolaka, E. S., & Runesi, S. (2020). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Afektif Kognitif Dan Psikomotor Siswa Dalam Pembelajaran Permainan Futsal. Journal Of Physical Education Health And Sport Sciences, 1(1). https://doi.org/10.35508/jpehss.v1i1.2425

Maftuhin, Azis, A., & Nugraha, D. M. (2021). Implementation of Digital Citizenship’s Concept in Online Learning of Civic Education. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210204.001

Maksum, H. (2011). Model Project Citizen Untuk Meningkatkan Kecakapan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Sikap Nasionalisme. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu (Wadah Informasi Ilmiah dan Kreativitas Intelektual Pendidikan), Volume 10.

Martini, E. (2018). Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Model Pembelajaran Berbasis Kecakapan Abad 21. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), 21–27. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp21-27

Murtiningsih, I., & Komalasari, K. (2017). Model Group Investigation Untuk Meningkatkan Kecakapan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(1).

Muthmainnah, A., & Suswandari, M. (2020). Implementasi Station Rotation Blended Learning tehadap Motivasi Belajar dan Pendidikan Karakter Peserta Didik. International Journal of Public Devotion, 3(2), 59–64.

Nudiati, D. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1). https://doi.org/10.31960/ ijolec.v3i1.561

Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1).

Supriyono, S. (2016). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Perspektif Sosial-Budaya Terhadap Pengembangan Nilai Multikultural. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. https://doi.org/10.17509/jpis.v22i1.2185

Winataputra, U. S. (2014). Diskursus Aktual Tentang Paradigma Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dalam Konteks Kurikulum 2013. Seminar Nasional AP3KNI.

Zain, A., & Djamarah, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. In Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain (Vol. 85).

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan (2 ed.). Diambil dari https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=iIV8zwHnGo0C&oi=fnd&pg=PA1&dq=Metode+penelitian+kepustakaan&ots=nfeo-RX8Sk&sig=4hlopadCCojcKC5PD4q93v46Es8&redir_esc=y#v=onepage&q=Metode penelitian kepustakaan&f=false




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v6i1.11347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats