PEMBELAJARAN NILAI-NILAI KARAKTER: TANTANGAN PENANAMAN NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19

Jumiati Tuharea, Maslan Abdin

Abstract


Pendidikan karakter menjadi tantangan tersendiri dalam pembelajaran dalam jaringan, PKn sebagai mata pelajaran yang bertujuan mengembangkan karakter siswa mengalami hambatan dalam pembelajaran. kendala yang dihadapi guru dalam penerapan mebelajaran daring misalnya penguasaan teknologi, kendala jaringan internet dan inovasi pengintegrasian pendidikan karakter pada pembelajran daring yang seolah baru booming ketika pandemi Covid-19 terjadi. Selain itu metode evaluasi dari pendidikan karakter salah satunya dengan observasi langsung oleh guru, yang mengamati sikap atau perubahan sikap baru yang muncul pada diri peserta didik. dalam penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan studi kasus dimaksudkan untuk mengetahui kondisi yang objektif dan mendalam tentang fokus penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu guru masih mengunakan pembelajaran konvensonal yaitu guru masin bersifat aktif dalam proses pembelajaran hal ini dikarenakan ada beberapa factor antara lain terhalang kreasi guru pada saat mengunakan media virtual, keinginan belajar siswa menurun pada saat menggunaan media virtual, kesadaran orang tua belum begitu baik. Selain itu penanaman nilai-nilai karakter pada masa pandamik belum menyentu ranah aplikatif atau keterampilan siswa dalam menghadapi pendemik (Civic Skiil). Penguatan nilai-nilai karakter yang dilakukan masih pada tataran pengetahuan (Civic knowledge) yang bersifat konvensonal seperti dengan metode bercerita, percakapan/ tanya jawab pada tataran ini guru sangat dominan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Nilai-nilai Karakter, Tantangan Guru PKn.


Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. (2010), Research design : pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta : PT Pustaka Pelajar.

Heri Cahyono (2016) Pendidikan karakter: strategi pendidikan nilai dalam membentuk karakter religius. Ri’ayah, Vol. 01, No. 02 hlm 237-240

Jamal Ma’mur Asmani, (2008) Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta, DIVA Press, Cet. III

Kasus Peranan Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Anak Ibu Sunah Di Tanjung Benoa. Widya Accarya. 10 (1), 54-66, https://doi.org/10.46650/wa.10.1. 864.%25p

Kemendiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.Jakarta.

Komalasari, K. (2010) Pembelajaran Kontekstual (Kajian Teori dan Praktik di Sekolah). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lickona,Thomas. (1992). Educating for Character, How Our School Can TeachRespect and Responsibility. New York : Bantam Books.

Rusaman (2012). Model-model Pembalajaran mengembangkan profesonalisme guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Santika, I. G. N., Kartika, I. M., & Wahyuni, N. W. R. (2019). Pendidikan Karakter: Studi

Sauri, S. Sekilas (2007) Tentang Pendidikan Nilai. Makalah yang disajikan dalam kegiatan Pelatihan Guru-Guru di Kampus Politeknik UNSI Kabupaten Sukabumi

Uswatun Hasanah 2016 Model-Model Pendidikan Karakter Di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 7 hlm 18-34




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v6i1.11349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats