IMPLEMENTASI TUGAS GURU DAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI SISWA

Febrian Alwan Bahrudin, Stevany Afrizal

Abstract


Penelitian ini meneliti tentang Implementasi Tugas Guru dan Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Siswa, tempat penelitian yaitu berlokasi di SMA Negeri 7 Pandeglang, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tentang bagaimana implementasi dari tugas guru dan kepala sekolah terhadap kompetensi siswa yang dijalankan di SMA Negeri 7 Pandeglang, pendekatan penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam implementasi tugas guru mengikuti Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Pasal 1 Ayat 1 dan implementasi tugas kepala sekolah mengikuti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 Pasal 15 Ayat 1-5, implementasi tugas guru yang dilaksanakan terdiri dari mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, mengevaluasi, indikator tugas guru tersebut sudah dilaksanakan dengan baik dan benar mengikuti Undang-Undang yang berlaku, dan implementasi tugas kepala sekolah terdiri dari menejerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi guru dan tenaga kependidikan serta tugas tambahan terdiri dari pembelajaran atau bimbingan dan promosi kebudayaan, indikator tugas kepala sekolah tersebut sudah dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan Peraturan Menteri Pendikan dan Kebudayaan, berdasarkan implementasi tugas guru dan kepala sekolah di SMA Negeri 7 Pandeglang yang mengikuti aturan berlaku diharapkan akan dapat terus meningkatkan kompetensi siswa.

Kata Kunci: Tugas Guru, Tugas Kepala Sekolah, Kompetensi Siswa


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta; Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta; Rineka Cipta

Moleong, Lexy. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung; Remaja Rosdakarya

Moleong, Lexy. (2011). Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung; Remaja Rosdakarya

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 Pasal 15 Ayat 1-5

Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Pasal 3 Ayat 1

Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Pasal 4 Ayat 1

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung; Alfabeta

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung; Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung; PT Alfabeta

Supardi. (2013). Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktinya. Jakarta; Rajawali Pers

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Pasal 1 Ayat 1

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Pasal 10 Ayat 1

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 1

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 4

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 49 Ayat 1




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v6i2.13715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats